Indonesia sampaikan selamat terpilihnya Blinken sebagai menlu AS

Indonesia sampaikan selamat terpilihnya Blinken sebagai menlu AS

Menteri Luar Negeri AS yang baru dikonfirmasi Antony Blinken berpidato pada upacara penyambutan setelah tiba di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 27 Januari 2021. ANTARA/REUTERS / Carlos Barria / Pool/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan selamat atas terpilihnya diplomat senior Antony Blinken sebagai menteri luar negeri ke-71 Amerika Serikat (AS).

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda dalam memajukan Kemitraan Strategis Indonesia-AS,” cuit Menlu Retno lewat akun Twitter, Kamis, dengan mencantumkan akun Blinken.

Di bawah kepemimpinan Blinken, tulis Retno, Indonesia yakin kebijakan luar negeri AS akan terus memperkuat multilateralisme dalam mengatasi pandemi COVID-19 dan berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.



Pada Selasa (26/1), Antony Blinken disetujui oleh Senat AS untuk menjadi menteri luar negeri, sebagaimana diajukan oleh Presiden Joe Biden.

Blinken adalah orang kepercayaan Biden sejak lama, yang sebelumnya telah beberapa kali mendapat persetujuan dari Senat, terakhir sebagai wakil menteri luar negeri di masa pemerintahan Presiden Barack Obama dan Wakil Presiden Joe Biden.

Blinken juga pernah menjadi direktur staf komite ketika Biden menjadi ketua Senat.

Di hadapan Komite Hubungan Luar Negeri Senat pada pekan lalu, Blinken berjanji akan bekerja lebih erat dengan pihak sekutu, usai pemerintahan Donald Trump sebelumnya lebih menggunakan pendekatan "America First" dalam kebijakan luar negeri.

Blinken menyebut dirinya akan berupaya merevitalisasi diplomasi Amerika yang yang rusak serta membangun garda persatuan untuk menghadapi tantangan dari Rusia, China, dan Iran.


Baca juga: Antony Blinken disetujui sebagai Menteri Luar Negeri AS

Baca juga: Blinken sebut AS akan revitalisasi diplomasi, bangun front persatuan

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021