Jakarta (ANTARA) - Penghargaan Film Akademi Jepang (Japan Academy Film Prize/Nippon Akademii-shou) mengumumkan sederet judul film yang akan bersaing di beberapa kategori nominasi untuk perhelatannya yang ke-44 tahun ini.

Mengutip dari laman resminya, Kamis, acara penghargaan tahunan itu akan dihelat pada 19 Maret 2021. Sementara, karya yang bisa masuk ke dalam daftar nominasi adalah film yang rilis pada selang waktu 16 Desember 2019 hingga 31 Desember 2020.

Berikut adalah beberapa daftar film yang dinominasikan untuk tiap kategori utama di Japan Academy Film Prize 2021.

Lima film Jepang yaitu "Asada-ke!" yang dibintangi Ninomiya Kazunari ARASHI dan Suda Masaki, film drama "Otoko wa Tsuraiyo, Okaeri Torasan" dan "Midnight Swan", film tentang gempa bumi "Fukushima 50", serta aksi-kriminal yang dibintangi Shun Oguri "Tsumi no Koe", akan bersaing di kategori Best Picture.

Di kategori Best Actor, ada Oguri Shun ("Tsumi no Koe"), Suda Masaki ("Ito"), Kusanagi Tsuyoshi ("Midnight Swan"), Sato Koichi ("Fukushima 50"), dan Ninomiya Kazunari ("Asada-ke!").

Selanjutnya untuk kategori Best Actrees, ada Komatsu Nana ("Ito"), Nagasaku Hiromi ("Asa ga Kuru"), Baisho Chieko ("Otoko wa Tsuraiyo, Okaeri Torasan"), Hirose Suzu ("Ichido Shinde Mita"), dan Nagasawa Masami ("Confidence Man JP Princess-Hen", "Mother").

Di kategori Best Supporting Actor ada Uno Shohei dan Hoshino Gen ("Tsumi no Koe"), Tsumabuki Satoshi ("Asada-ke!"), Narita Ryo ("Kyuso wa Chiizu no Yume o Miru"), serta Watanabe Ken ("Fukushima 50").

Untuk kategori Best Supporting Actrees ada Goto Kumiko ("Otoko wa Tsuraiyo, Okaeri Torasan"), Eguchi Noriko ("Jikobukken"), Kuroki Haru ("Asada-ke!"), Momoi Kaori (Ichidomo Uttatemasen"), dan Yasuda Narumi ("Fukushima 50").

Kategori "panas" lainnya adalah Best Animations / Animation of the Year yang diisi oleh lima film anime populer yaitu "Violet Evergarden: The Movie", "Josee to Tora to Sakanatachi", "Entotsu Machi no Puperu", "Stand by Me Doraemon 2", dan "Demon Slayer: Mugen Train".

Kategori Animation of the Year sendiri baru dibuat 14 tahun yang lalu. Tahun lalu, film Makoto Shinkai "Weathering With You" memenangkan penghargaan tersebut.

Japan Academy Film Prize sendiri adalah serangkaian penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1978 oleh Asosiasi Penghargaan Film Akademi Jepang (Nippon Akademii-shou Kyoukai) untuk film Jepang unggulan. Kategori penghargaan serupa dengan Academy Awards.

Nippon Academy-Sho Association, sebuah grup Jepang yang kira-kira sebanding dengan Academy of Motion Picture Arts dan Science of Oscars di Amerika, mempersembahkan Japan Academy Film Prizes setiap tahun.

Semua nominasi menerima "Awards of Excellence", dan penghargaan tertinggi di setiap kategori akan diberikan dalam upacara utamanya pada 19 Maret di Grand Prince Hotel New Takanawa di Tokyo.


Baca juga: "Demon Slayer: Mugen Train" kembali puncaki box office Jepang

Baca juga: "Stand by Me Doraemon 2" tayang Februari, Nobita nikahi Sizuka?

Baca juga: Tujuh karakter "Attack on Titan" yang wajib dikenal

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021