Manchester City ke pucuk lagi seusai cukur West Brom 5-0

Manchester City ke pucuk lagi seusai cukur West Brom 5-0

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan merayakan gol keduanya ke gawang West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Selasa (26/1/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Nick Potts.

Jakarta (ANTARA) - Manchester City ke pucuk klasemen lagi seusai mencukur tuan rumah West Bromwich Albion 5-0 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Gelandang Ilkay Gundogan melanjutkan tren kesuburannya dengan menyumbangkan dua gol dalam kemenangan City kali ini yang diwarnai pula gol-gol dari Joao Cancelo, Riyad Mahrez dan Raheem Sterling.

City sementara mengoleksi 41 poin dan mengambil alih posisi puncak dari rival sekotanya Manchester United (40) yang baru bermain sehari berselang.

Sedangkan West Brom yang menelan lima kekalahan beruntun di kandangnya tertahan di urutan ke-19 klasemen dengan 11 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Duo Manchester berkuasa di papan atas
Baca juga: Guardiola serukan jumlah klub di Liga Premier dikurangi

Tim besutan Pep Guardiola memulai pertandingan dengan sempurna ketika membuka keunggulan hanya enam menit setelah sepak mula melalui tembakan Gundogan dari tepian kotak penalti yang mampu memperdaya kiper Sam Johnstone.

Keunggulan itu digandakan oleh Cancelo yang mencetak gol dengan posisi serupa seperti Gundogan ketika menyelesaikan umpan tarik Bernardo Silva pada menit ke-20.

Di bawah tekanan City, West Brom menciptakan kesempatan jarang-jarang pada menit ke-28 melalui umpan Robert Snodgrass, sayang penyelesaian Callum Robinson masih meluncur tipis di sisi gawang tim tamu.

Dua menit berselang, justru City yang sukses menambah keunggulan mereka melalui gol kedua Gundogan yang dicetaknya dengan penyelesaian dingin menyambar bola sapuan kurang sempurna dari pertahanan West Brom.

Unggul tiga gol tak membuat City meredakan gelombang serangan mereka dan pada menit kedua injury time babak pertama Mahrez dengan tenang menerima umpan silang Sterling sebelum menyelesaikannya dengan sepakan melengkung ke area tiang jauh demi mengubah kedudukan jadi 4-0.

Gol kelima City lahir pada menit ke-57 ketika Sterling menyontek bola umpan silang Mahrez di muka gawang.

West Brom tak berkutik memberi perlawanan berarti dan skor kemenangan 5-0 bagi City bertahan hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Kedua tim akan kembali bermain pada Sabtu (30/1) akhir pekan ini, ketika City menjamu Sheffield United dan West Brom menghadapi Fulham.

Baca juga: Leeds perburuk tren nirmenang Newcastle
Baca juga: West Ham tembus empat besar setelah pecundangi Crystal Palace
Baca juga: Bawa Everton ke Liga Champions masih jadi motivasi utama Ancelotti
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021