Kehadiran Bank Syariah Indonesia dan mungkin inisiatif-inisiatif ke depan lainnya, itu merupakan metode-metode yang sangat ideal agar fintech syariah bisa menyasar ke wilayah perdesaan.
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) berharap kehadiran Bank Syariah Indonesia (BSI) dan inisiatif-inisiatif Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir dapat mendorong penetrasi fintech syariah ke wilayah peedesaan.

"Kehadiran Bank Syariah Indonesia dan mungkin inisiatif-inisiatif ke depan lainnya, itu merupakan metode-metode yang sangat ideal agar fintech syariah bisa menyasar ke wilayah perdesaan," ujar Ketua Umum AFSI Ronald Yusuf Wijaya saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Menurut dia, dengan merger tiga bank syariah BUMN, akan secara otomatis meningkatkan infrastruktur dan skala fintech syariah.

Baca juga: Erick Thohir Ketua MES, AFSI: Beliau terbukti membawa banyak inovasi

Contohnya dulu bank syariah di Indonesia hanya mencapai kategori Buku III atau bank dengan modal inti paling sedikit Rp5 triliun dan paling besar Rp30 triliun,

Dengan demikian banyak fitur-fitur yang belum bisa dimiliki oleh bank-bank syariah di Indonesia, seperti rekening dana pemberi pinjaman (lender), payment gateway dan beberapa fitur lainnya yang hanya boleh dimiliki oleh bank Buku IV. Jadi fintech syariah pun ikut-ikutan terdampak secara langsung maupun tidak langsung.

Ronald juga menambahkan, upaya Ketua Umum MES Erick Thohir untuk memulai pengembangan ekonomi keuangan syariah secara digital dari wilayah perdesaan juga memungkinkan terjadi pembangunan infrastruktur digital di desa guna mendukung pengembangan tersebut.

"Saya pikir hal ini merupakan peluang yang sangat baik mengingat infrastruktur itu merupakan bagian dasar dari eksistensi fintech syariah," katanya..

Harapannya dengan semakin dikembangkan infrastruktur digital di pedesaan, otomatis  membantu fintech syariah untuk bisa hadir di desa. "Saya melihat ini peluang besar," kata Ketua Umum AFSI tersebut.

Baca juga: Menkeu: Literasi rendah tantangan kembangkan ekonomi syariah

Mengutip dari laman akun resmi Instagram Bank Mandiri @mandiriupdate, Ketua Umum MES periode 2021-2024 Erick Thohir memaparkan beberapa gambaran program yang akan dilakukan selama tiga tahun ke depan.

Pertama, mengembangkan pasar industri halal di dalam dan luar negeri, yang harus dilakukan karena Indonesia memiliki pasar yang besar.

Kedua, mengembangkan industri keuangan syariah nasional. Dan ketiga, pembinaan yang dimulai dari perdesaan secara berkelanjutan agar memiliki fondasi keuangan syariah yang kuat dimulai dari titik nol di desa.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021