KPU Rejang Lebong tetapkan Syamsul-Hendra bupati-wabup terpilih

KPU Rejang Lebong tetapkan Syamsul-Hendra bupati-wabup terpilih

Pasangan Syamsul Effendi-Hendra Wahyudiansyah selaku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong terpilih menunjukan SK penetapan KPU setempat, Sabtu, 23/1/2021.(ANTARA/Nur Muhamad)

Rejang Lebong (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menetapkan pasangan Syamsul Effendi-Hendra Wahyudiansyah sebagai bupati-wakil bupati terpilih di daerah itu dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon (paslon) terpilih yang digelar di salah satu hotel di Kota Curup, Sabtu, mengatakan pasangan nomor urut 3 atas nama Syamsul Effendi-Hendra Wahyudiansyah meraih suara terbanyak yakni 43.540 suara dari jumlah suara sah sebanyak 144.800 atau 30,07 persen.

Baca juga: KPU Rejang Lebong segera tetapkan calon bupati-wakil bupati terpilih

Baca juga: KPU Rejang Lebong sebut penetapan bupati terpilih tunggu putusan MK


Sedangkan pasangan nomor urut 4 atas nama M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji mendapat 37.556 suara (26 persen), paslon nomor urut 1 atas nama M Faisal-Fatrolazi mendapat 32.094 suara atau berkisar 22 persen, dan paslon nomor urut 2 atas nama Susilawati-Ruswan YS mendapatkan 31.610 suara (21 persen).

"Sesuai dengan regulasi berdasarkan BRPK dari Mahkamah Konstitusi ke KPU dan ternyata tidak ada gugatan, makanya hari ini dilakukan penetapan dan selanjutnya kami akan memberikan salinan keputusan itu kepada Mendagri melalui Gubernur Bengkulu untuk dilantik," kata dia.

Dia mengatakan, untuk mekanisme pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih itu sendiri merupakan kewenangan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), karena pelantikannya nanti atas nama Mendagri melalui Gubernur Bengkulu.

Sementara itu, Syamsul Effendi didampingi Hendra Wahyudiansyah selaku Wakil Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong terpilih mengucapkan rasa syukur karena rapat pleno penetapan keduanya berjalan aman dan lancar.

"Kepada kawan-kawan kami, kawan main politik hal seperti ini lumrah, pasti ada yang terpilih dan tidak terpilih. Saya tidak mengatakan kalah atau menang, ini kembali kepada diri kita masing-masing untuk melakukan introspeksi diri," kata dia.

Sedangkan Hendra Wahyudiansyah selaku wakil bupati terpilih menambahkan secara pribadi dan atas nama keluarga besarnya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap mereka berdua untuk memimpin Rejang Lebong lima tahun ke depan agar lebih baik lagi.

"Kepercayaan ini diberikan kepada kami untuk membangun Kabupaten Rejang Lebong ke depan agar lebih baik lagi, dan kami mohon support dari seluruh pihak untuk membantu kami dalam penyelenggaraan pemerintahan nantinya," ujar Hendra Wahyudiansyah. 

Baca juga: Menang lawan kotak kosong, Ony-Antok jadi bupati-wabup Ngawi terpilih

Baca juga: KPU Kabupaten Kediri tetapkan paslon kepala daerah terpilih

Baca juga: KPU tetapkan Halim-Joko sebagai calon terpilih Pilkada Bantul
Pewarta : Nur Muhamad
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021