"Keluarga sudah ikhlas, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT," kata Sugito, paman korban.
Palembang (ANTARA) - Salah seorang korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 asal Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Rion Yogatama (29), telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ponorogo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, pada Sabtu, pukul 12.30 WIB.

Peti jenazah Rion diberangkatkan Sabtu pukul 10.00 WIB dari Jakarta menggunakan maskapai Batik Air dan mendarat di Bandara Silampari Kota Lubuklinggau pukul 11.00 WIB.

Sebelum dimakamkan, peti jenazah Rion dibawa ke kediaman orang tuanya terlebih dahulu.

Baca juga: Sriwijaya Air ingatkan keluarga korban hindari oknum urus asuransi

"Keluarga sudah ikhlas, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT," kata Sugito, paman korban.

Sugito juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat sehingga keponakannya itu dapat ditemukan serta dimakamkan dengan layak.

Sementara istri korban, Ervina (28) sempat menangis dan memeluk peti jenazah Rion saat tiba di bandara, anggota keluarga mencoba menenangkannya sehingga proses pemakaman berjalan lancar.

Baca juga: 49 korban jatuhnya Sriwijaya Air teridentifikasi

Sebelumnya Ervina atau Vivi menceritakan jika suaminya itu berangkat ke Pontianak untuk keperluan pekerjaan. Semula Rion tidak berencana naik Sriwijaya Air karena tiket yang dibeli tertera rute Lubuklinggau-Jakarta-Pontianak menggunakan maskapai Nam Air berangkat 9 Januari pukul 07.00 WIB.

Namun suaminya dialihkan dari Nam Air ke Sriwijaya Air dengan jadwal berangkat pukul 13.00 WIB karena ketinggalan pesawat, sampai akhirnya Rion diketahui turut menjadi korban jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu.

Jenazah Rion sendiri baru teridentifikasi pada DVI RS Polri pada Kamis (21/1) atau 13 hari setelah jatuhnya Sriwijaya SJ 182, korban meninggalkan seorang istri serta dua orang anak berusia tiga tahun dan sembilan bulan.

Baca juga: Keluarga korban kecelakaan SJ-182 tabur bunga di Kepulauan Seribu

Sementara Pemkot Lubuklinggau yang mengawal penuh kepulangan Rion juga memfasilitasi Ervina untuk bekerja sebagai honorer di dinas pemadaman dan bencana setempat, karena ia harus menggantikan posisi Rion sebagai tulang punggung keluarga.

Selain itu Jasa Raharja Sumsel juga telah memberikan santunan kepada ahli waris Rion sebesar Rp50 juta, serta sudah dijamin menerima Rp1,5 miliar dari Sriwijaya Air sebagai santunan.

Baca juga: Sriwijaya Air secepatnya penuhi semua hak ahli waris korban SJ 182

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021