Sudin KPKP Jaksel pastikan pedagang daging mulai jualan lagi besok

Sudin KPKP Jaksel pastikan pedagang daging mulai jualan lagi besok

Los daging tampak kosong akibat aksi mogok pedagang di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Para pedagang daging sapi di sejumlah pasar di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menggelar aksi mogok jualan mulai Rabu hingga Jumat (22/1) sebagai bentuk protes kepada pemerintah atas tingginya harga daging sapi yang sudah berlangsung sejak akhir 2020. Saat ini harga daging sapi mencapai sekitar Rp130 ribu per kilogram. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPK) Kota Jakarta Selatan memastikan pedagang daging di sejumlah pasar mulai berjualan lagi mulai Ahad (24/1).

"Sejumlah pedagang berjanji hari Minggu mulai berjualan," kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Sudin KPKP Jakarta Selatan melakukan pemantauan ke sejumlah pasar terkait aksi mogok berjualan yang dilakukan sejumlah pedagang daging. Pemantauan dilakukan di sejumlah pasar di antaranya, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Minggu, Pasar Lenteng Agung dan Pasar Lokbin Pasar Minggu.

Tim Sudin KPKP juga melakukan pemantauan di tempat jagal di Ciputat, tempat memasok daging untuk DKI Jakarta yang juga mogok melakukan pemotongan.

Baca juga: IKAPPI imbau pedagang daging Jabodetabek tidak mogok berjualan
Los daging di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan, setelah kegiatan jual-beli selesai, Rabu (20/1/2021).(ANTARA/Laily Rahmawaty)

Aksi mogok tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terkait mahalnya harga jual sapi potong yang dirasa berat oleh pedagang, yakni mencapai Rp130 ribu per kilogram (kg).

"Tuntutan mereka adalah intervensi pemerintah terhadap tingginya harga sapi hidup dari Australia," kata Hasudungan.

Dalam pemantauan tersebut, petugas melakukan dialog dengan sejumlah pedagang daging dan memberikan kesempatan pedagang untuk menyampaikan aspirasinya.

Hasudungan mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) dan pihak terkait melakukan koordinasi untuk mengatasi ketersediaan daging di Ibu Kota.

"Tim pangan siap melakukan operasi pasar (OP) atau Gerakan Pangan Murah (GMP) dengan stok tersedia di PD Dharma Jaya mencukupi kebutuhan daging beku masyarakat Jakarta," kata Hasudungan.

Baca juga: Kadin DKI gelar operasi pasar cegah aksi lanjutan pedagang daging
Dokumentasi - Pedagang memotong daging sapi yang dijual di Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj 
Selain itu, Sudin KPKP melakukan sosialisasi terhadap pilihan daging beku dan pilihan pangan protein hewani lainnya.

Pada 21-25 Januari 2021, DKPKP DKI Jakarta bersama Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian mengadakan gelar daging sapi murah di Pasar Mitra Tani.

Gelar daging murah di Pasar Mitra Tani dilaksanakan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Untuk wilayah Jakarta, gelar daging murah Pasar Mitra Tani dilaksanakan di Pasar Mitra Tani Pasar Minggu di Jalan Raya Ragunan, Jakarta Selatan.

Selanjutnya di Pasar Mitra Tani Kalideres, Perumahan Kalideres Permai, Jakarta Barat dan Pasar Mitra Tani Rawasari, Kelurahan Rawasari, Jakarta Pusat. Harga jual daging beku di Pasar Mitra Tani berkisar Rp70 ribu hingga Rp90 ribu per kg.
 
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021