Burnley runtuhkan keangkeran Anfield kala paceklik Liverpool berlanjut

Burnley runtuhkan keangkeran Anfield kala paceklik Liverpool berlanjut

Penyerang Burnley Ashley Barnes melakukan selebrasi seusai sukses mengeksekusi penalti ke gawang Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (21/1/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Jon Super.

Jakarta (ANTARA) - Burnley berhasil meruntuhkan keangkeran Stadion Anfield di tengah berlanjutnya paceklik gol yang dialami Liverpool.

Sebuah gol semata wayang dari eksekusi penalti Ashley Barnes mengantarkan Burnley meraih kemenangan 1-0 atas Liverpool di Anfield dalam laga pekan ke-19 Liga Inggris pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Hasil itu menjadi kemenangan pertama Burnley di Anfield sejak 1974 dan sekaligus menyudahi rentetan nirkalah Liverpool dalam 68 pertandingan kandang beruntun sejak April 2017.

Baca juga: Burnley bertekad hentikan tren buruk lawatan ke Anfield

Kemandulan yang mendera Liverpool begitu parah, bahkan Divock Origi gagal mencetak gol ketika Ben Mee melakukan blunder semenit jelang turun minum dan penyerang asal Belgia itu malah melepaskan penyelesaian yang terlalu keras dan membentur mistar gawang.

Ketika peluit tanda istirahat berbunyi terjadi sedikit insiden di lapangan area Liverpool antara Fabinho dan Ashley Barnes.

Wasit Mike Dean memberikan kartu kuning kepada Fabinho, tetapi Barnes yang sudah mendapat kartu kuning sebelumnya tak diberi hukuman apapun.

Kiper Nick Pope melakukan sejumlah penyelamatan gemilang untuk meredam sejumlah peluang Liverpool yang dilepaskan Trent Alexander-Arnold dan Mohamed Salah di awal babak kedua.

Frustrasi yang melanda Liverpool mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Burnley ketika Barnes berhasil melepaskan diri dari kawalan Fabinho dan jatuh ketika dihadang oleh Alisson yang gegabah meninggalkan gawangnya, berujung wasit menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Barnes yang melepaskan eksekusi keras tak terjangkau upaya halauan Alisson untuk mencetak gol ke-100 sepanjang kariernya sembari membawa Burnley memimpin pada menit ke-83.

Baca juga: Klopp bersikeras performa Liverpool tak melorot walau seret gol

Liverpool berburu dengan waktu dan semenit jelang bubaran waktu normal, Roberto Firmino berusaha membelokkan tembakan Alexander-Arnold ke muka gawang tetapi Mee berada di posisi tepat untuk menyapu bahaya.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi, Burnley mengantungi kemenangan 1-0 atas tuan rumah, membuat tim besutan Sean Dyche itu menorehkan sejarah manis dengan menyudahi paceklik kemenangan di Anfield.

Burnley naik ke urutan ke-16 klasemen dengan koleksi 19 poin, sedangkan Liverpool yang kini sudah melewati lima pertandingan nirmenang tertahan di peringkat keempat dengan koleksi 34 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Akhir pekan ini kedua tim akan tampil di laga putaran keempat Piala FA pada Minggu (24/1) saat Liverpool bertandang ke Old Trafford menghadapi Manchester United dan Burnley menyambangi markas Fulham di Craven Cottage.

Baca juga: Pogba kembali antar Manchester United ke puncak klasemen
Baca juga: Manchester City rebut puncak klasemen seusai bungkam Aston Villa 2-0
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021