Komunitas Gojek nilai merger Gojek-Tokopedia dapat tambah penghasilan

Komunitas Gojek nilai merger Gojek-Tokopedia dapat tambah penghasilan

Gojek (1)

Jakarta (ANTARA) - Komunitas pengemudi (mitra) Gojek Garuda Sakti  penggabungan usaha (merger) Gojek dan Tokopedia dapat menambah penghasilan mitra pengemudi.

"Kalau benar jadi merger, otomatis orderan makin banyak yang masuk, kami bisa memilih varian orderan mana yang akan kita ambil. Selain orderan GoSend dari pengguna aplikasi Gojek, kami juga bisa ambil orderan dari pengguna aplikasi Tokopedia yang delivery-nya pakai GoSend," ujar Ketua Umum Komunitas Driver Gojek Garuda Sakti, Theresia Ismiyanti Prismiar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan kolaborasi Gojek dan Tokopedia dapat menjadi harapan baru bagi para mitra, sebab selama pandemi pendapatan driver turun drastis akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Perempuan yang biasa disapa Tere itu juga berharap sinergi Gojek dan Tokopedia bisa melahirkan inovasi baru di bidang logistik yang membuat konsumen semakin senang berbelanja.

"Kalau Tokopedia buka layanan lain, mitra-mitra Gojek ini bisa dilibatkan, driver-driver ini sebenarnya banyak kemampuannya," ucapnya.

Baca juga: GoPay fokus tingkatkan layanan fintech lebih luas di 2021

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Driver Gojek Korwil Utara Irwanto meyakini Gojek dan Tokopedia akan memberikan kesejahteraan yang lebih baik bagi para driver Gojek.

"Kami dan teman-teman mitra driver senang dengar informasi ini. Kondisi pandemi kan order-an sepi. Gojek kan fokus di layanan pengantaran, sementara Tokopedia e-commerce yang menjual banyak barang. Ini bisa berdampak baik ke pendapatan driver," katanya.

Ia berharap rencana merger Gojek dan Tokopedia dapat segera terealisasi sehingga membuka potensi bertambahnya permintaan layanan jasa pengantaran.

"Dengan banyaknya potensi orderan, kesempatan teman-teman driver menambah penghasilan makin besar," katanya.

Sebelumnya, Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal menilai merger dua startup berstatus decacorn dan unicorn yaitu Gojek dan Tokopedia berpotensi mampu mendorong keberlangsungan bisnis UMKM melalui basis digital.

Fithra juga mengatakan nantinya jutaan UMKM di platform Tokopedia dapat memanfaatkan infrastruktur logistik yang telah dikembangkan Gojek agar lebih cepat dalam mengirim barang sehingga semakin mendorong pertumbuhan bisnis sekaligus meningkatkan kenyamanan konsumen.

Baca juga: Ekonom: Merger Gojek-Tokopedia dorong UMKM
Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021