DPR RI: kepemimpinan Biden-Harris semangat baru multilaterlisme global

DPR RI: kepemimpinan Biden-Harris semangat baru multilaterlisme global

Presiden ke-46 Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Ibu Negara Jill Biden (kanan) melambaikan tangannya kepada para hadirin saat menuju Gedung Putih usai pelantikan di Washington, Amerika Serikat, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Callaghan O'Hare/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai kepemimpinan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris menjadi semangat baru multilateralisme global khususnya di masa pandemik COVID-19.

Dia mengucapkan selamat atas terpilihnya kepemimpinan baru di Amerika Serikat tersebut.

"Kami harapkan kerja sama positif AS dalam kerangka membangun hubungan internasional yang konstruktif, khususnya di wilayah Indo-Pasifik. Semoga membawa dampak positif dalam stabilitas politik regional maupun global," kata Azis di Jakarta, Kamis.

Azis mengatakan Indonesia perlu aktif membangun komunikasi dan diplomasi secara intensif dengan administrasi baru AS dalam rangka menjaga neraca perdagangan Indonesia dengan AS.

Baca juga: Rupiah sentuh Rp14.000 didukung pelantikan Biden dan RDG BI

Baca juga: Indonesia harapkan kepemimpinan AS dalam upaya mitigasi pandemi


Dia menilai pemerintah Indonesia perlu aktif memanfaatkan momentum awal dalam menegosiasikan berbagai kepentingan Indonesia, khususnya terkait neraca perdagangan.

"Kita perlu meningkatkan ekspor kita serta menarik investasi ke Indonesia dalam hal pembangunan industri dalam negeri sehingga dapat terjadi 'transfer of technology' dan bermanfaat dalam pembangunan menuju Indonesia Maju," ujarnya.

Azis juga berharap kepemimpinan baru AS membawa dampak positif terhadap perkembangan kawasan Indo-Pasifik yang inklusif dalam menjaga stabilitas regional.

Menurut politisi Partai Golkar itu, kawasan Indo-Pasifik menjadi perhatian khusus sehingga diharapkan kepemimpinan Biden-Harris membawa stabilitas kawasan dalam kerangka inklusif dengan mengedepankan nilai-nilai Sentralitas ASEAN.

"Kerja sama ekonomi regional dan pemeliharaan perdamaian dunia serta penerapan asas-asas hukum internasional menjadi prospek kerjasama ke depan antara Indonesia-Amerika Serikat," tutur dia.

Sebelumnya, Joe Biden dan Kamala Harris dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS di West Front Gedung Capitol AS, Rabu (20/1).

Baca juga: Gubernur BI: Joe Biden dilantik, pasar keuangan global makin positif

Baca juga: Sri Mulyani: Joe Biden bawa harapan pemulihan ekonomi global

Baca juga: Ketua DPR berharap pelantikan Joe Biden perkuat kerja sama lawan COVID

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021