Manchester City rebut puncak klasemen seusai bungkam Aston Villa 2-0

Manchester City rebut puncak klasemen seusai bungkam Aston Villa 2-0

Pemain sayap Manchester City Bernardo Silva merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam laga tunda pekan pertama Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (20/1/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Martin Rickett.

Jakarta (ANTARA) - Manchester City merebut puncak klasemen sementara Liga Inggris seusai membungkam Aston Villa 2-0 dalam laga tunda pekan pertama yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Gol Bernardo Silva yang dilengkapi eksekusi penalti Ilkay Gundogan membuat City kini mengoleksi 38 poin untuk menduduki puncak klasemen Liga Inggris.

Sedangkan Villa (26) yang baru kembali main setelah beberapa pertandingannya tertunda karena skuat mereka terjangkit COVID-19 kini menempati urutan ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Posisi City belum sepenuhnya aman di puncak, sebab rival sekota mereka, Manchester United, akan memainkan laga pekan ke-18 di kandang Fulham dalam pertandingan yang berlangsung lebih larut.

Baca juga: John Stones cetak dua gol saat Man City cukur Palace 4-0

Pertandingan berlangsung terbuka sejak awal laga dan City segera menciptakan peluang bagus, tetapi tembakan Silva menyambut umpan sundulan Rodri Hernandez masih bisa dimentahkan kiper Emiliano Martinez sebelum disapu oleh Matty Cash.

Pada menit ke-28, City harus kehilangan Kyle Walker yang cedera paha karena kesalahan pergerakannya saat berusaha menjegal Jack Grealish. Walker digantikan oleh Olexandr Zinchenko.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan Villa justru menjadi tim yang mampu menciptakan peluang bagus lebih dulu pada menit ke-67, tetapi tembakan Bertrand Traore masih bisa dihalau Zinchenko dan bola muntah yang disambar Douglas Luiz mampu ditepis oleh kiper Ederson Moraes.

Dua menit berselang giliran peluang bagus City yang terbuang ketika sundulan Gundogan ditepis oleh Martinez.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-79 saat Silva mampu mengendalikan umpan Rodri, melewati hadangan dua bek Villa dan melepaskan tembakan keras untuk menaklukkan Martinez demi membawa City memimpin.

Tayangan ulang memperlihatkan Rodri berada dalam posisi offside ketika City membangun serangan dan manajer Villa Dean Smith memprotes keras keputusan wasit mengesahkan gol tersebut. Alih-alih berkonsultasi dengan VAR wasit Jonathan Moss malah menghadiahi kartu merah langsung kepada Smith dan mengusirnya dari tepi lapangan.

Baca juga: John Stones membuat Manchester City sekeras batu karang

City hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-88, tetapi tembakan Joao Cancelo mampu dihalau oleh Martinez.

Semenit kemudian, Moss menghadiahi City tendangan penalti karena insiden halauan Cash terhadap bola tembakan Gabriel Jesus yang mengenai tangannya.

Penalti berhasil dikonversi oleh Gundogan yang mengunci kemenangan City menjadi 2-0, sekaligus memperpanjang tren bagus The Citizens yang selalu menang dalam 11 laga kandang beruntun menjamu Villa.

Pada Sabtu (23/1) akhir pekan ini, Villa akan memainkan laga tunda pekan ke-11 menjamu Newcastle United di Villa Park ketika City melawat ke markas tim strata keempat Cheltenham Town dalam pertandingan putaran keempat Piala FA.

Baca juga: Klopp bersikeras performa Liverpool tak melorot walau seret gol
Baca juga: Leicester puncaki klasemen setelah taklukkan Chelsea 2-0
Baca juga: Jelang lawan Fulham, Cavani minta MU tetap pertahankan posisi klasemen
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021