Persita Tangerang lega kompetisi 2020 dihentikan total

Persita Tangerang lega kompetisi 2020 dihentikan total

Logo Persita Tangerang. ANTARA/HO/Persita Tangerang

Jakarta (ANTARA) - Manajemen Persita Tangerang mengaku lega dengan keputusan PSSI yang memutuskan bahwa kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 dihentikan total dan akan memulainya dengan musim baru.

"Alhamdulillah, setidaknya hari ini sudah ada keputusan dari PSSI soal penghentian kompetisi Liga 1 2020. Setidaknya ini sudah menjadi awal yang baik untuk ke depannya," ujar manajer Persita I Nyoman Suryanthara seperti dikutip dalam laman resmi klub, Rabu.

"Mengingat situasi juga, kami dari Persita menyambut baik keputusan PSSI ini. Saatnya sekarang untuk fokus memulai kompetisi baru tahun ini," tambah dia.

Persita sejak awal memang setuju untuk penghentian kompetisi LIga 1 2020. Bagi Nyoman, mustahil bagi klub untuk melanjutkan kompetisi musim 2020 yang awalnya ingin digelar Februari itu. 

Baca juga: PSSI resmi hentikan Liga 1 dan 2 musim 2020 tanpa juara 

Jangka waktu yang mepet bakal membuat tim sulit untuk mempersiapkan pasukannya dalam menghadapi kompetisi. Di satu sisi, tak sedikit pemain asing yang hengkang dan adapula yang pulang ke negaranya masing-masing. Kondisi tersebut semakin menyulitkan klub jika liga digelar secara terburu-buru.

Meski belum ada keputusan lanjutan, terutama terkait waktu penyelenggaraan kompetisi baru, bagi Nyoman, setidaknya keputusan hari ini bisa memberi kepastian bagi klub, termasuk Persita, dalam merancang langkah untuk ke depannya.

"Kalau sudah ada keputusan seperti ini, kami juga bisa mengambil langkah selanjutnya, baik itu soal persiapan tim dan juga soal kebijakan selanjutnya," kata dia.

Sebelumnya, PSSI resmi menghentikan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020 dengan alasan keadaan kahar (force majeure) akibat pandemi COVID-19 dan menetapkan tidak ada juara meski dua kompetisi tersebut sudah berjalan tiga pekan tahun 2020 lalu. 

Baca juga: LIB berencana temui Kapolri baru bicarakan liga 

Keputusan itu diambil PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada hari ini. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya sangat mempertimbangkan masukan klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 yang disampaikan kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Jumat (15/1).

"Exco PSSI membahas masukan itu dan memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan," ujar Iriawan.

Selain tidak ada juara, PSSI juga menetapkan tidak ada klub yang didegradasi dari Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Oleh karena itu, semua tim peserta musim 2020 masih menjadi klub yang bersaing di Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. 

Baca juga: Persita Tangerang sepakat Liga 1 2020 tidak dilanjutkan 
Baca juga: PSSI bahas dua agenda dalam rapat Exco 22 Januari 
Baca juga: PT Liga : Masukan klub pertimbangan utama nasib liga Indonesia 

 
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021