PWI tekankan peran pers majukan industri halal Indonesia

PWI tekankan peran pers majukan industri halal Indonesia

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Pusat) Atal S Depari via diskusi Zoom yang dipantau dari Jakarta, Rabu (20/1/2021). (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI))

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari menekankan pentingnya pers dalam memajukan industri halal di Indonesia.

"Pers mendorong Indonesia menjadi pusat halal dan ekonomi syariah dunia," kata Atal via diskusi Zoom yang dipantau dari Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan ekonomi syariah merupakan salah satu pondasi industri halal di Indonesia. Dengan memajukan ekonomi syariah tentu akan memicu pertumbuhan ekosistem halal nasional secara bertahap.

Baca juga: PWI beri 5 rekomendasi bagi kemajuan kebudayaan daerah pada HPN 2021

Pers, kata dia, memiliki posisi strategis dalam mengedukasi masyarakat mengenai industri halal, termasuk ekonomi syariah. Dengan meratanya literasi di Indonesia maka dapat mendorong pertumbuhan industri halal.

Atal mengatakan Indonesia memiliki produk-produk halal seperti makanan dan busana. Melalui potensi pasar tersebut maka sudah waktunya bagi Indonesia untuk menjadi terdepan sehingga menjadi pusat halal dunia.

"Pers agar bisa mendorong Indonesia sebagai pusat halal dunia... Ini membuat masyarakat mengubah gaya hidup konvensional ke halal lifestyle," kata dia.

Ia berharap Indonesia bisa maju dan rujukan industri halal di dunia terlebih potensinya sangat besar baik dari skala pasar maupun modal sosialnya.

Baca juga: Bupati/ Wali Kota penerima Anugerah Kebudayaan PWI 2021
Baca juga: PWI sesalkan masih ada kekerasan terhadap wartawan
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021