Menlu Qatar ingin negara-negara Teluk Arab berdialog dengan Iran

Menlu Qatar ingin negara-negara Teluk Arab berdialog dengan Iran

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani (REUTERS/NASEEM ZEITOON)

Doha (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani mengatakan kepada Bloomberg bahwa Qatar telah mendesak negara-negara Teluk Arab untuk mulai berdialog dengan Iran.

Menlu Qatar juga mengatakan bahwa sekarang ini adalah waktu yang tepat bagi Doha untuk menengahi negosiasi antara negara Teluk Arab dan Iran.

"Ini juga keinginan yang dimiliki oleh negara GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) lainnya," kata Menlu Qatar kepada Bloomberg TV.

Menteri luar negeri Qatar itu pun menambahkan bahwa pemerintahnya mendukung diskusi yang sedang berlangsung antara Iran dan Korea Selatan untuk mengamankan pembebasan sebuah kapal tanker minyak yang disita oleh Pengawal Revolusi Islam awal bulan ini.

Mengomentari secara terpisah tentang potensi dialog Amerika Serikat-Iran, dia mengatakan bahwa Qatar juga akan memfasilitasi diskusi antara kedua negara tersebut jika diminta dan akan mendukung siapa pun yang dipilih untuk melakukannya.

"Kami ingin pencapaiannya, kami ingin melihat kesepakatan itu terjadi," kata Menlu Qatar tentang potensi pembicaraan antara Washington dan Teheran.

Sumber: Reuters
Baca juga: Qatar sebut pembicaraan sengketa Teluk pada Januari ditunda
Baca juga: Kunjungan Menlu Qatar ke Saudi dipandang redakan pertikaian di Teluk
Baca juga: Empat negara Arab siap berunding dengan Qatar
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021