Saya kira kinerja ke depan jauh lebih baik dengan kehadiran Sekda
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) optimistis kinerja Pemerintah Provinsi (Pmprov) akan membaik setelah memiliki Sekretaris Daerah (Sekda).

"Saya kira kinerja ke depan jauh lebih baik dengan kehadiran Sekda," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin.

Riza mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang sudah lama menunggu sosok Sekda baru sebagai pengganti Sekda sebelumnya, Saefullah, yang meninggal dunia akibat COVID-19, agar kinerja di lingkungan Pemda DKI bisa lebih optimal.

"Kami memastikan proses dan kinerja, program-program ke depan bersama gubernur dan Sekda berjalan baik. InsyaAllah bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Marullah Matali sendiri resmi menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) menggantikan posisi Saefullah yang mangkat pada September 2020 lalu setelah pada Senin ini dilantik di Balai Kota Jakarta.

Baca juga: Jurnalis Betawi apresiasi terpilihnya Marullah sebagai Sekda DKI

Marullah mengisi jabatan Sekda DKI yang lowong selama lima bulan sepeninggal Saefullah usai Pemprov DKI melelang jabatan dan melakukan proses seleksi sebulan setelahnya.

Nama-nama yang masuk seleksi, disaring baik-baik dengan sejumlah pertimbangan dan pada pertengahan Desember 2020 lalu, Pemerintah menyerahkan tiga nama yang lolos seleksi ke presiden Jokowi untuk dipilih salah satu yang terbaik.

Adapun ketiga nama yang diserahkan ke Presiden Jokowi adalah, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dan Marullah Matali yang menjabat Wali Kota Jakarta Selatan.

"Proses seleksi sesuai aturan dan mekanisme, proses pemilihan sejak awal dilakukan sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang ada, dilakukan secara profesional, transparan sampai dengan tiga besar," ucapnya.

Baca juga: Wali Kota Jaksel jadi Sekda DKI, Istana sudah keluarkan Keppres

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021