Novel Baswedan harap Komjen Listyo jadi sosok yang berani-antikorupsi

Novel Baswedan harap Komjen Listyo jadi sosok yang berani-antikorupsi

Penyidik senior KPK Novel Baswedan. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso/hp)

Jakarta (ANTARA) - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berharap Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi sosok Kapolri yang berani dan antikorupsi.

"Semoga Komjen Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri adalah pribadi yang berani dan antikorupsi,” ujar Novel dikutip dari akun twitter miliknya @nazaqistsha, Jumat.

Selain itu, Novel juga berharap agar Listyo berani melakukan perbaikan di tubuh Polri.

Dia memandang reformasi di tubuh Polri perlu dilakukan, mengingat banyak terjadi faksi-faksi di Korps Bhayangkara tersebut.

“Banyak faksi di Polri yang sarat kepentingan dan saling menyandera,” kata Novel.

Menurut dia, perlu adanya sosok Kapolri yang berani melakukan reformasi, agar Polri menjadi institusi yang dipercaya masyarakat. Karena itu, Novel berharap Komjen Listyo mampu melakukan perbaikan tersebut.

Harapan Novel tersebut sejalan dengan arahan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin saat acara Seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-29, Oktober tahun 2020.

Saat itu, Ma'ruf mengatakan reformasi birokrasi di tubuh Polri harus menjadi prioritas agar Korps Bhayangkara menjadi lembaga yang profesional, humanis, bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal ke DPR RI, Rabu (13/1). Listyo akan menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.
Baca juga: Tim advokasi Novel: Vonis ringan agar terdakwa tak dipecat dari Polri
Baca juga: Tim advokasi Novel Baswedan laporkan Kadivkum Polri ke Propam
Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021