Pemkot Malang gandeng Gojek dorong peningkatan ekonomi

Pemkot Malang gandeng Gojek dorong peningkatan ekonomi

Foto bersama usai penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kota Malang dengan gojek, di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (14/1/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Malang/VFT)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi Gojek dalam upaya untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan pendapatan per kapita untuk masyarakat Kota Malang, Jawa Timur.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa, kerja sama dengan Gojek, termasuk di dalamnya GoPay tersebut memiliki target akhir untuk meningkatkan pendapatan per kapita warga Kota Malang, dengan mengedepankan kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Goalnya adalah peningkatan pendapatan per kapita masyarakat. Pendapatan per kapita itu, komponennya adalah bagaimana UMKM bisa bangkit," kata Sutiaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis.

Sutiaji menjelaskan, bentuk kerja sama dengan Gojek tersebut, akan dilakukan kolaborasi guna mengangkat dan mengembangkan potensi daerah, mulai dari sektor UMKM, hingga sektor pariwisata dari Kota Malang.

Menurut Sutiaji, kerja sama tersebut akan diperkuat dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang, serta Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Malang. Langkah itu untuk memperkuat Kota Malang sebagai Kota Pintar, atau Smart City.

"Kenapa Bappenda masuk, karena ke depan orientasinya setiap kegiatan masuk pada smart city," kata Sutiaji.

Sutiaji menambahkan, kerja sama dengan Gojek tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk percepatan digitalisasi Kota Malang. Pemerintah Kota Malang berupaya memberikan literasi digital untuk warga, dengan berbagai kemudahan dari kerja sama tersebut.

Sementara itu, Head Regional Public Policy and Government Relation East Java Gojek Boy Arno Muhammad menambahkan, kerja sama tersebut juga merupakan langkah untuk mendorong pemulihan ekonomi khususnya di Kota Malang, yang terdampak pandemi COVID-19.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Gojek, lanjut Arno, adalah terkait dengan penguatan sektor UMKM. Diharapkan, dengan sektor UMKM yang semakin kuat, bisa mendorong peningkatan perekonomian Kota Malang.

"Khususnya sektor UMKM yang kami soroti. Kami mencoba untuk menguatkan dengan Pemerintah Kota Malang untuk menstimulasi ekonomi," kata Arno.

Kerja sama dengan Diskoperindag Kota Malang, akan menitikberatkan pada sektor UMKM, melalui layanan GoFood. Sementara untuk bidang pariwisata, dan budaya, mengutamakan layanan GoTix untuk acara-acara pariwisata.

"Pembayaran pajak nanti dengan GoPay, GoBills kita bisa langsung ke sana," ujar Arno.
Baca juga: Kota Malang dorong sektor industri kreatif pariwisata pada 2021
Baca juga: Pemkot Malang berencana tambah dua bus wisata Macito

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021