Pertimbangan dibukanya rute tersebut untuk memperbanyak pelayanan jasa di bidang pelayaran yang selama ini belum ada pada rute tersebut
Tanah Bumbu (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) membuka rute baru yakni Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan-Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, pulang pergi (pp).

General Manager PT ASDP Cabang Batulicin Masagus Hamdani melalui Maneger Usaha Akhmad Sunedi di Batulicin, Senin, mengatakan, selain rute tersebut PT ASDP juga membuka jalur pelayaran rute Pelabuhan Patimban-Panjang (Lampung) dan Patimban-Pontianak pp.

"Pertimbangan dibukanya rute tersebut untuk memperbanyak pelayanan jasa di bidang pelayaran yang selama ini belum ada pada rute tersebut," katanya.

Sunedi mengatakan dalam pelaksanaannya rute Patimban-Banjarmasin dan sebaliknya akan dilayani dua kali pelayaran dalam satu bulan. Sedang rute Patimban-Panjang dan sebaliknya akan dilayani dua kali pelayaran dalam satu bulan, dan Patimban-Pontianak juga dilayani dua kali dalam satu bulan.

Baca juga: ASDP buka rute pelayaran Tanjung Uban Kepri- Sintete Kalbar

"Kapal yang disiapkan oleh PT ASDP untuk melayani pelayaran pada rute tersebut yakni KMP Ferrindo 5 dengan kapasitas penumpang mencapai 56 orang, kendaraan roda empat dan sejenisnya mencapai 109 unit," ujarnya.

Menurut dia, dengan dibukanya rute baru tersebut banyak pihak yang merasa diuntungkan, salah satunya pengusaha yang awalnya saat mengirim barang dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan atau sebaliknya, mereka harus melewati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Namun dengan dibukanya rute baru tersebut akan mampu menghemat biaya operasional karena kapal dari Patimban (Jawa Barat)  tujuan Kalimantan dan sebaliknya, tidak perlu transit ke Pelabuhan Surabaya.

"Untuk daftar tiket penumpang orang dewasa tujuan Patimban-Banjarmasin Rp66.000, Bayi Rp8.400, kendaraan golongan I Rp90.000, golongan II Rp160.000, golongan III Rp343.000 golongan IV penumpang Rp2.134.000, golongan IV barang Rp1.808.000," pungkasnya.

Baca juga: ASDP layani rute baru Banyuwangi-Lombok, berikut tarifnya

Baca juga: ASDP Kupang buka 18 rute pelayaran baru

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021