Jakarta (ANTARA) - ADO Den Haag mengawali Liga Belanda pada 2021 dengan kemenangan tipis 1-0 saat melawat ke markas RKC Waalwijk dalam laga pekan ke-15 yang digelar di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Sabtu.

Kemenangan itu juga memupus rentetan hasil buruk dari 10 laga tanpa meraih tiga poin penuh. Untuk sementara ADO keluar dari zona degradasi atau ke posisi 15 dengan raihan 10 poin.

Adapun bagi Waalwijk hasil ini membuat mereka harus menelan melalui empat laga tanpa meraih kemenangan. Posisi mereka lebih baik satu strip dari ADO yakni di posisi 14 dengan koleksi 12 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Secara penguasaan bola, tuan rumah lebih unggul ketimbang ADO dengan rataan mencapai 62 persen berbanding 38 persen. Namun dari sisi tembakan mengarah gawang hanya unggul tipis.

ADO memperoleh peluang pertamanya saat laga baru memasuki menit ke-6. Sepakan keras kaki kanan Samy Bourard dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan kiper Waalwijk, Konstantinos Lamprou.

Tuan rumah membalas serangan itu enam menit kemudian. Melalui skema yang hampir sama, sepakan James Efmordifis dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan kiper ADO, Luuk Koopmans.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Ajax tutup 2020 sebagai pemuncak

Gol satu-satunya dalam pertandingan itu tercipta pada menit ke-17 saat sepakan Boy Kemper dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau Lamprou.

Boy Kemper hampir mencetak gol keduanya saat laga telah berjalan setengah jam. Sayang, sundulannya menerima umpan matang Marko Vejinovic melebar tipis di sisi kiri gawang Lamprou.

Jelang babak pertama berakhir, Waalwijk memiliki peluang emas untuk memaksa kedudukan imbang jika saja sontekan Ayman Azhil dari dalam kotak penalti tak melebar tipis di mulut gawang Koopmans.

Begitu pula pada tambahan waktu babak kedua, pemain yang baru masuk Thierry Lutonda gagal menyelesaikan peluang terbuka di dalam kotak penalti. Sepakannya malah melebar ke sisi kiri.

Hingga bubaran skor 1-0 tetap bertahan. Selanjutnya ADO akan menjamu VVV Venlo pada pekan ke-16 di Stadion Cars Jeans pada Rabu (13/1) waktu setempat, sementara Waalwijk akan bertandang ke markas SC Heerenveen sehari berselang.

Baca juga: Striker West Ham Sebastien Haller menyeberang ke Ajax Amsterdam

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021