Kemarin, usulan setop impor kereta bekas Jepang hingga rupiah anjlok

Kemarin, usulan setop impor kereta bekas Jepang hingga rupiah anjlok

Pekerja melakukan proses pemuatan lokomotif buatan PT INKA (Persero) ke dalam kapal untuk diekspor ke Filipina, di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (12/12/2020). Ekspor perdana tiga Lokomotif Diesel Hidrolik serta 15 gerbong kereta penumpang tersebut merupakan kelanjutan dari kontrak pengadaan kereta api antara PT INKA (Persero) dengan Philippine National Railways (PNR). ANTARA FOTO/Moch Asim/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (8/1) kemarin, mulai dari Komisi VI DPR RI yang menginginkan penghentian impor kereta bekas dari Jepang hingga rupiah akhir pekan ditutup anjlok menembus level psikologis Rp14.000

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Anggota DPR ingin impor kereta bekas dari Jepang disetop

Komisi VI DPR RI menginginkan impor kereta bekas dari Jepang bisa disetop karena BUMN PT INKA (Persero) telah berkembang menjadi perusahaan yang bisa memproduksi perkeretaapian kelas dunia dan produknya juga telah diekspor.

"PT INKA sudah berkembang menjadi perusahaan yang memproduksi perkeretaapian kelas dunia. Karena selain memenuhi konsumsi dalam negeri, INKA juga sudah berhasil menjual produknya ke Filipina, Bangladesh, Kongo," kata anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Menko Luhut minta pembangunan hotel dikurangi, ini alasannya

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pembangunan hotel di destinasi pariwisata dikurangi di tengah masa persiapan pemulihan pariwisata pada masa pandemi COVID-19.

Menurut Luhut, pemulihan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) akan berlangsung lebih lama dibanding pemulihan kunjungan wisatawan domestik. Maka, selama itu pula pemerintah akan fokus melakukan persiapan pemulihan pariwisata, sekaligus mendorong kunjungan wisatawan domestik.

Baca selengkapnya di sini


3. Bantu perajin tempe, Kementan jamin pasokan dan harga kedelai 100 hari

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan terus mendorong gerakan stabilisasi pasokan dan harga kedelai di sejumlah daerah, setelah resmi diluncurkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, kemarin.

Dalam gerakan stabilisasi pasokan dan harga kedelai Jawa Tengah di Kendal, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi menjelaskan dalam 100 hari pertama Kementan memastikan ketersediaan kedelai dan stabilitas harga agar perajin tempe dan tahu tetap berproduksi.

Baca selengkapnya di sini


4. Erick Thohir: Vaksin merah putih bisa jadi "game changer"

Menteri BUMN Erick Thohir menilai produksi vaksin Merah Putih yang masih diteliti saat ini dapat menjadi "game changer", pengubah situasi di saat pandemi COVID-19, dari ketergantungan kepada vaksin impor menjadi tidak tergantung karena mampu produksi vaksin sendiri di dalam negeri.

"Kemarin, Menkes sudah datang ke Bio Farma dan kita laporkan kita tidak mau tergantung terus vaksin impor jadi vaksin Merah Putih pun kita adakan dan masih perlu waktu. Hari ini bersama KPK dan Menkes akan pantau vaksin Merah Putih bersama agar menjadi 'game changer' bangsa kita tidak tergantung vaksin luar negeri saja," kata Erick Thohir di gedung KPK Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


5. Rupiah akhir pekan ditutup anjlok, tembus level psikologis Rp14.000

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan ditutup melemah menembus level psikologis Rp14.000 per dolar AS.

Rupiah Jumat sore ditutup melemah 110 poin atau 0,79 persen ke posisi Rp14.020 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp13.910 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Luhut ajak masyarakat "Bangga Berwisata di Indonesia"
Baca juga: Bantu perajin tempe, Kementan jamin pasokan dan harga kedelai 100 hari
Baca juga: Menteri BUMN: Bio Farma dapat izin produksi 100 juta vaksin COVID-19

Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021