1.227 Nakes di Sangihe segera di vaksin COVID-19

1.227 Nakes di Sangihe segera di vaksin COVID-19

Jopy Thungari, Kadis Kesehatan Sangihe. ANTARA/HO

Sulut, Sangihe (ANTARA) - Sebanyak 1.227 tenaga kesehatan (Nakes) yang terdiri dari dokter dan perawat di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara segera divaksin COVID-19 pada bulan Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe Jopy Thungari di Tahuna, Kamis mengatakan pemberian vaksin tersebut merupakan tahap pertama yang dijadwalkan kepada tenaga kesehatan.

Baca juga: Wagub DKI: 453 vaksinator disiapkan untuk pemberian vaksinasi

"Nakes dan tenaga pendukung lainnya mendapat prioritas diberi vaksin karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan COVID-19," ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, untuk vaksin sudah berada di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dan akan didistribusikan ke kabupaten dan kota.

Baca juga: DPD akan pastikan pemberian vaksin COVID-19 secara gratis dan merata

Sebelum divaksin kata dia, akan ada penyaringan termasuk identifikasi calon dan pemeriksaan tekanan darah serta diwajibkan menjawab daftar pertanyaan yang akan diberikan.

"Pemberian vaksin ini akan dilakukan secara teliti sehingga perlu ada pemeriksaan bagi calon yang akan divaksin," kata dia.

Baca juga: Menlu RI: EUA vaksin AstraZeneca permudah pemberian izin di Indonesia

Namun demikian kata dia, diharapkan semua tenaga kesehatan termasuk tenaga pendukung lainnya dalam keagaan yang sehat sehingga pemberian vaksin dapat dilakukan.

"Kami berharap pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan untuk tahap pertama ini berjalan lancar," kata dia.
Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021