Polda Jawa Barat gelar pengamanan jelang bebasnya Abu Bakar Baasyir

Polda Jawa Barat gelar pengamanan jelang bebasnya Abu Bakar Baasyir

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago menyatakan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menggelar pengamanan dalam proses pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jumat (8/1) mendatang.

Pasalnya, menurut Kabidhumas bahwa bebasnya sosok narapidana tindak pidana terorisme itu memang menjadi perhatian dari kepolisian.

Baca juga: Kemenkumham dan Densus koordinasi soal pembebasan Abu Bakar Ba'asyir

"Tentu ini Polri pun akan melakukan pengamanan proses pembebasan Abu Bakar Baasyir, itu sudah kewajiban kita pengamanan baik terbuka maupun tertutup," kaya Erdi di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Menurutnya pengamanan itu bakal dilakukan oleh tim gabungan baik dari Polres Bogor, Polda Jawa Barat, bahkan dari Mabes Polri.

"Karena yang bersangkutan, sudah dikenal masyarakat tentu akan menjadi perhatian," kata Erdi.

Sementara itu, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat juga menyatakan bakal melibatkan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri dalam proses pembebasan Abu Bakar Baasyir.

Setelah bebas, Abu Bakar Baasyir juga bakal diawasi gerak-geriknya guna menjamin keamanan dan ketertiban narapidana terorisme itu.

"Karena dalam rangka pembebasan napiter (narapidana teroris) ini masih dilakukan upaya pengawasan lanjutan oleh pihak-pihak terkait," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat Imam Suyudi.

Baca juga: Kondisi kesehatan Abu Bakar Baasyir sempat turun menjelang bebas
 
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021