Menteri PUPR apresiasi dukungan BUMN karya dalam penanganan COVID-19

Menteri PUPR apresiasi dukungan BUMN karya dalam penanganan COVID-19

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengapresiasi dukungan BUMN-BUMN karya seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dalam penanganan bencana nonalam pandemi COVID-19.

Basuki mengatakan bahwa peran dan kontribusi BUMN karya dalam menyukseskan pembangunan infrastruktur nasional beberapa tahun belakangan ini sangat patut mendapatkan apresiasi. Berbagai infrastruktur dapat diselesaikan dengan cepat dengan kualitas yang terjaga dengan baik.

"Tidak hanya itu, BUMN karya juga mendukung Kementerian PUPR dalam penanganan bencana alam dan nonalam, terutama pandemi COVID-19," ujar Menteri PUPR kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Sebagai contoh di tahun 2020 ini, selain menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur strategis nasional, Kementerian PUPR juga mendapat amanah untuk menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Khusus Pasien COVID-19 dalam waktu yang singkat. Salah satunya pembangunan RSUD dr. Soegiri Lamongan.

"Pembangunan RSUD dr. Soegiri Lamongan yang dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya (WIKA), berhasil diselesaikan dalam waktu 39 hari," kata Basuki.

Lebih lanjut Menteri PUPR menambahkan demikian juga dengan Fasilitas Observasi dan Karantina COVID-19 di Pulau Galang yang dibangun bersama-sama oleh PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya (WIKA), dan PT Virama Karya sebagai konsultan manajemen konstruksi yang dapat diselesaikan hanya dalam waktu 30 hari.

WIKA sebagai salah satu BUMN karya banyak terlibat dalam pembangunan fasilitas kesehatan selama krisis pandemi COVID-19.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, Mahendra Vijaya mengatakan bahwa komitmen WIKA untuk menjawab kepercayaan publik diwujudkan dengan peran aktif perusahaan dalam penanggulangan penyebaran COVID-19.

"WIKA Group membangun berbagai fasilitas kesehatan, di antaranya RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Fasilitas Observasi dan Karantina di Pulau Galang, Batam, dan pembangunan serta renovasi sejumlah fasilitas Kesehatan di DKI Jakarta maupun daerah lainnya di Indonesia," katanya.

Baca juga: Obligasi dan Sukuk WIKA kelebihan permintaan hingga 2,5 kali
Baca juga: KSO WIKA raih kontrak konstruksi pembangunan gedung riset di UGM
Baca juga: Program CSR unggul bawa WIKA raih Padmamitra Award 2020
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021