612 penumpang tiba di Terminal Kalideres saat puncak arus balik

612 penumpang tiba di Terminal Kalideres saat puncak arus balik

Kedatangan penumpang saat puncak arus balik usai liburan Natal dan Tahun Baru 2021 di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Senin (4/1/2021). ANTARA/HO-Terminal Kalideres.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen mencatat 612 penumpang tiba melalui terminal bus itu saat puncak arus balik liburan Natal dan Tahun Baru, Senin.

Revi mengatakan waktu puncak arus balik terlihat sejak Minggu (3/1) malam hingga Senin dini hari, karena terjadi peningkatan dibandingkan beberapa hari sebelumnya dengan jumlah penumpang sekitar 100-200 orang.

“Itu yang tertinggi. Hari ini juga tampak hingga pukul 13.00 WIB, total 55 kendaraan yang mengangkut 538 penumpang turun ke terminal,” kata Revi di Jakarta, Senin malam.

Angka kedatangan penumpang tersebut berbanding terbalik dengan penumpang keberangkatan pada Senin, yang hanya 63 penumpang

Sebanyak 3.310 penumpang dan 1.886 kendaraan bus turun di Terminal Kalideres dari periode 18 Desember 2020-3 Januari 2021, menurut data rekapitulasi angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 Terminal Kalideres yang diterima ANTARA.

Sementara jumlah penumpang keberangkatan angkutan Natal dan Tahun Baru 2021, yakni 4.913 orang dengan 1.605 kendaraan bus yang meninggalkan terminal tersebut.

Namun, jumlah kedatangan dan keberangkatan melalui Terminal Kalideres pada 2020 menurun dibandingkan 2019 yang mencapai hampir 2.000 penumpang berangkat dari Terminal Kalideres pada periode libur akhir tahun.

Revi juga memastikan penumpang dan supir bus yang berangkat atau tiba di Terminal Kalideres menjalankan protokol kesehatan COVID-19, serta mengikuti tes cepat antibodi maupun antigen, bahkan cek urine dan gula darah.

Selain itu, calon penumpang wajib menyerahkan hasil tes cepat antibodi maupun antigen. Pihak terminal juga sudah menyediakan posko tes cepat antibodi dan antigen jika diperlukan dengan harga terjangkau.

Calon penumpang juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan. Demikian pula pada bus yang hanya diperbolehkan mengangkut 70 persen jumlah penumpang maksimal guna memastikan jarak antar penumpang terjaga.

Baca juga: Terminal Kalideres pastikan layanan tes cepat COVID-19 murah
Baca juga: Belum ada lonjakan jumlah penumpang di Terminal Kalideres
Baca juga: Terminal Kalideres cek kesehatan pengemudi untuk angkutan Natal
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021