Ombudsman RI sambut baik pengakuan PBB pada peran Ombudsman di dunia

Ombudsman RI sambut baik pengakuan PBB pada peran Ombudsman di dunia

Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty (kiri) melantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan lima orang Kepala Perwakilan (Kaper) Ombudsman, yakni Hadi Rahman selaku Kaper Kalimanan Selatan, Shulby Yozar Ariadhy selaku Kaper Kepulauan Bangka Belitung, Satriana selaku Kaper Jawa Barat, Agus Muttaqin selaku Kaper Jawa Timur, dan Meilany Fransisca Limpar selaku Kaper Sulawesi Utara, Senin (4-1-2021) di Kantor Ombudsman RI, Jalan H.R. Rasuna Said Jakarta Selatan. Wakil Ketua Ombudsman dalam kesempatan yang sama juga melantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan 124 asisten Ombudsman yang naik jenjang. ANTARA/HO-Humas Ombudsman RI

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty menyambut baik pengakuan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tugas dan peran Lembaga-Lembaga Ombudsman di seluruh dunia pada Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Rabu (16-12-2020).

Lely mengatakan bahwa pengakuan PBB tersebut merupakan bentuk dukungan strategis untuk memperkuat lembaga-lembaga Ombudsman di seluruh dunia.

"Resolusi PBB itu merupakan dukungan yang kuat terhadap prinsip-prinsip utama Ombudsman, yakni independensi, objektivitas, transparansi, keadilan, dan tidak berpihak," kata Lely kepada wartawan di Kantor Ombudsman RI, Jalan H.R. Rasuna Said Jakarta Selatan, Senin.

Menurut Lely, resolusi itu menjadi langkah penting dalam memastikan pengakuan dunia pada tugas dan peran lembaga-lembaga Ombudsman di seluruh dunia, yakni mempromosikan administrasi yang baik, hak asasi manusia, pemerintahan yang baik (good governance), dan supremasi hukum.

Baca juga: Ombudsman tak tangani objek pemeriksaan pengadilan dipersoalkan ke MK

Lely mengatakan bahwa Presiden Lembaga Ombudsman Internasional (International Ombudsman Institute/IOI) Peter Tyndall juga menyambut baik resolusi tersebut.

Untuk diketahui, Ombudsman RI merupakan salah satu anggota IOI dan Asosiasi Ombudsman Asia (Asian Ombudsman Association/AOA).

IOI merupakan organisasi Ombudsman pada tingkat global yang berkedudukan di Wina, Austria, dan menaungi kerja sama lembaga-lembaga Ombudsman di seluruh dunia dengan beranggotakan lebih dari 200 orang dan lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Pada tahun 2019, Ombudsman RI terpilih sebagai anggota Board of Directors (BOD) Asosiasi Ombudsman Asia (AOA) periode 2019—2023 untuk kedua kalinya, bersama Ombudsman Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Turki.

Saat itu, Ombudsman RI bersama Ombudsman Thailand dan Ombudsman Filipina sedang memproses pengesahan berdirinya Forum Ombudsman Asia Tenggara, yakni South East Asia Ombudsman Forum (SEAOF).

Baca juga: Ombudsman minta pemerintah konsisten keluarkan kebijakan transportasi

Sejalan dengan peran dan prinsip-prinsip utama lembaga-lembaga Ombudsman di seluruh dunia, Ombudsman RI akan memperkuat perwujudan peran dan prinsip tersebut dengan mendorong peningkatan kualitas Pelayanan Publik di Indonesia.

Rencana itu terdapat dalam misi ketiga Ombudsman, sebagaimana tercantum dalam Rencana Strategis 2020—2024.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021