Arus balik liburan, terjadi tiga titik kepadatan di Jalur Puncak Bogor

Arus balik liburan, terjadi tiga titik kepadatan di Jalur Puncak Bogor

Arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (3/1/2021). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cisarua, Bogor (ANTARA) - Polres Bogor Polda Jawa Barat mencatat tiga titik kepadatan kendaraan di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor selama arus balik liburan tahun baru 2021, Ahad.

"Sebenarnya sore ini arus balik liburan tahun baru sudah nampak karena (volume kendaraan) terpantau lebih ramai dari hari biasanya," ungkap Kanit Turjawali Polres Bogor Ipda Ardian Novianto di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.

Tiga titik kepadatan kendaraan tersebut yaitu di Simpang Gadog sampai Pasir Angin sepanjang 1 kilometer, di Simpang Megamendung sampai Cimory sepanjang 1 kilometer, dan di Pasar Cisarua sampai Tugu Selatan sepanjang 6 kilometer.

Baca juga: Menjelang dini hari jalur Puncak-Cianjur kembali dibuka normal

Baca juga: Penutupan jalur menuju Puncak-Cipanas berlaku situasional


Kepadatan kendaraan di lajur Puncak menuju Jakarta tersebut membuat Polres Bogor memprioritaskan pemberlakuan satu arah (one way) ke arah bawah.

"Iya, sore ini kita berlakukan satu arah ke bawah untuk prioritas yang memang kembali menuju Jakarta, nanti akan kita lakukan penutupan di pos pantau 1 Bandung untuk arah ke atas dan dari Ciawi di Gadog ini," paparnya.

Durasi pemberlakuan satu arah tersebut mulai dari 1 jam hingga 2 jam, kemudian lalu lintas kembali diberlakukan normal ke dua arah.

Kawasan Puncak masih menjadi primadona saat liburan Natal pada 24-27 Desember 2020, dan liburan tahun baru pada 31 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 meski di tengah pandemi COVID-19.*

Baca juga: Polisi batal tutup jalur Puncak Bogor selama 12 jam

Baca juga: Jalur Puncak-Cianjur ditutup pada malam pergantian tahun
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021