Kemarin, dolar AS terburuk sejak 2017 hingga dimulainya penutupan WNA

Kemarin, dolar AS terburuk sejak 2017 hingga dimulainya penutupan WNA

Ilustrasi - Emas batangan pada latar belakang uang kertas dolar AS. ANTARA/Shutterstock/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (1/11) kemarin, mulai dari kurs dolar AS yang mencatatkan penurunan terburuk sejak 2017 hingga dimulainya pelaksanaan penutupan masuknya warga negara asing (WNA) dari seluruh negara ke Indonesia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Tutup tahun, kurs dolar AS catat penurunan terburuk sejak 2017
Nilai tukar dolar AS membukukan kerugian tahunan terbesar sejak 2017 pada Kamis (Jumat pagi WIB), menutup tahun di mana mata uang itu dilihat sebagai tempat berlindung yang aman ketika kepanikan atas penyebaran COVID-19 di Amerika Serikat memuncak pada Maret, sebelum jatuh karena stimulus Fed yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sejumlah mata uang utama lainnya, melonjak ke level tertinggi tiga tahun di 102,99 pada Maret, sebelum mengakhiri tahun 2020 di 89,96, jatuh 6,77 persen sepanjang 2020 dan anjlok 12,65 persen dari level tertinggi Maret.

Baca selengkapnya di sini

2. Angkasa Pura II gandeng Ditjen Dukcapil manfaatkan data penduduk
PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil) terkait pemanfaatan data penduduk.

Penandatanganan dilakukan secara daring oleh Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, dan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca selengkapnya di sini

3. KA Bandara Adi Soemarmo beroperasi lagi setelah sembilan bulan vakum
Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) kembali beroperasi pada Jumat ini setelah sembilan bulan vakum akibat pembatasan operasional KAI pada masa pandemi COVID-19.

"KA Bandara Internasional Adi Soemarmo yang akan beroperasi kembali ini terbagi menjadi tiga relasi perjalanan, salah satunya KA bandara relasi Klaten-Adi Soemarmo dengan total 22 perjalanan," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto di Solo, Jateng, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

4. PUPR: Realisasi belanja infrastruktur pada 2020 capai 93,06 persen
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mencatat pada 2020 realisasi belanja infrastruktur mencapai 93,06 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan agar terus meningkatkan kualitas belanja APBN dengan memperhatikan tiga prinsip reformasi anggaran belanja, yakni ekonomis (spending less), efektif (spending well) yakni tepat sasaran, dan efisien (spending wisely).

Baca selengkapnya di sini

5. Penutupan WNA ke Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar
Pelaksanaan penutupan masuknya warga negara asing (WNA) dari seluruh negara ke Indonesia pada hari ini (1/1/2021) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, berjalan lancar.

Kebijakan penutupan itu sesuai dengan Surat Edaran Nomor 04/2020 dari Satgas Penanganan COVID-19.

Ketua Satgas Udara Penanganan COVID-19 Kolonel Pas M.A Silaban (TNI AU) dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat mengatakan pemangku kepentingan bandara sudah memahami dan mengetahui kebijakan sebagaimana tercantum di dalam SE 04/2020 itu.

Baca selengkapnya di sini
 
Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2021