Sepekan, kendaraan wajib uji emisi hingga pesan Anies di tahun 2021

Sepekan, kendaraan wajib uji emisi hingga pesan Anies di tahun 2021

Petugas kepolisian melaksanakan patroli saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/12/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai informasi pemerintahan aktual di Ibu Kota DKI Jakarta yang menarik minat pembaca berita telah disiarkan oleh Desk Metropolitan, Kantor Berita ANTARA dari Minggu (27/12) hingga Jumat (1/1).

Informasi tersebut mulai dari kewajiban kendaraan bermotor melakukan uji emisi hingga pesan Gubernur DKI  Jakarta Anies Baswedan kepada warganya menghadapi tahun 2021.

Berikut rangkuman berbagai peristiwa di Jakarta yang disiarkan Kantor Berita ANTARA selama pekan terakhir Desember 2020 dan awal tahun 2021, klik berita selengkapnya untuk membaca

1. Telur dan cabai murah ada di lima pasar ini

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta bersama Kementerian Pertanian kembali mengadakan Gelar Pangan Murah (GMP) telur ayam ras dan cabai di lima pasar yang ada Ibu Kota pada Ahad.

Pelaksana Tugas (Plt) DKPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyebutkan, GPM ada di lima pasar, yakni Pasar Pondok Labu di Jakarta Salatan, Pasar Petojo Ilir dan Pasar Cempaka Putih di Jakarta Pusat, Pasar Glodok di Jakarta Barat dan Pasar Pademangan Timur di Jakarta Utara.

Berita selengkapnya di sini

2. Anies resmikan lapangan latih JIS berstandar FIFA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara daring meresmikan lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara yang dilengkapi fasilitas sesuai standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

"Hari ini sama-sama kita saksikan peresmian lapangan latih JIS. Dua bulan lalu saya datang ke lapangan latih ini menyaksikan dari dekat kualitas rumputnya, perancangannya, dan Alhamdulillah kita bukan saja bersyukur bahwa ini tuntas, tapi kita bangga," ujar Anies dalam peresmian virtual lapangan latih JIS di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

3. Wagub DKI sebut Anies sudah negatif COVID-19

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ini sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Alhamdulillah Pak Anies hari ini sudah negatif, sudah pulang ke rumah," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya di sini

4. Dinas LH DKI umumkan kendaraan tak ikut uji emisi bisa kena tilang

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengumumkan bagi motor atau pun mobil di DKI Jakarta yang tidak mengikuti uji emisi atau pun tidak lulus uji emisi gas buang akan dikenakan disinsentif berupa tarif parkir yang tinggi dan penegakan tilang.

"Disinsentif kendaraan yang tidak ikut atau pun tidak lulus uji emisi itu tertuang dalam Peraturan Gubernur 66/2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor yang diundangkan sejak 24 Juli 2020 serta mulai berlaku enam bulan kemudian," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin dalam keterangannya, Rabu.

Berita selengkapnya di sini

5. Sandi minta Pemprov DKI siapkan hotel untuk isolasi bagi pendatang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam rangka menyiapkan kamar hotel untuk keperluan isolasi bagi pendatang dari luar negeri baik berstatus WNI maupun WNA menjelang hari terakhir penutupan akses menuju Indonesia.

Ia mengatakan masih ada sekitar seribu lebih pendatang dari luar negeri itu yang belum mendapatkan hotel untuk menjalankan isolasi sesuai ketentuannya yang disepakati oleh Pemerintah Pusat.

Berita selengkapnya di sini

6. Anies ajak warga Jakarta taklukan pandemi sebagai tantangan di 2021

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Jakarta untuk menaklukan pandemi sebagai tantangan memasuki Tahun Baru 2021 sehingga dapat menjadi sejarah yang membanggakan bagi generasi mendatang.

"Kita melewati tahun 2020 dengan penuh kisah perjuangan. Kita menghadapi tantangan lintas zaman, tapi ini juga tahun dimana kita diuji daya tahan kita, endurance, stamina, fokus," kata Anies lewat video yang diunggah Pemprov DKI Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya di sini
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021