West Ham awali 2021 dengan pecundangi Everton di Goodison Park

West Ham awali 2021 dengan pecundangi Everton di Goodison Park

Gelandang bertahan West Ham United Tomas Soucek melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Jumat (1/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Byrne)

Jakarta (ANTARA) - West Ham United mengawali tahun 2021 secara positif dengan mempecundangi tuan rumah Everton 1-0 di Stadion Goodison Park, Liverpool, dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Kemenangan itu dipetik oleh West Ham berkat gol larut yang dicetak gelandang bertahan Tomas Soucek hanya empat menit sebelum bubaran waktu normal.

Berawal dari tembakannya sendiri yang dimentahkan oleh kiper James Pickford, bola muntah dikirim kembali ke dalam kotak penalti oleh Aaron Cresswell dan Soucek membelokkannya dengan kaki kanan untuk mencetak gol ke gawang tuan rumah.

Baca juga: Moyes berambisi bawa West Ham ke Eropa

Pertandingan perdana Liga Inggris di tahun 2021 ini tidak banyak diwarnai peluang berbahaya baik dari kubu Everton maupun tamunya.

Everton sempat hampir membuka keunggulan di pengujung babak pertama dalam situasi sepak pojok, tetapi tembakan Bernard masih bisa ditepis oleh kiper Darren Randolph.

Sebaliknya, peluang bagus pertama West Ham baru muncul 10 menit memasuki babak kedua tetapi umpan silang Declan Rice gagal diselesaikan sempurna oleh Sebastien Haller di area tiang jauh.

Setelah unggul, West Ham hampir mengunci kemenangan lebih awal tetapi Michail Antonio gagal menaklukkan bek Yerry Mina dalam situasi satu lawan satu dan bola liar yang disambar Manuel Lanzini masih melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Carlo Ancelotti buka peluang reuni dengan Khedira di Everton

Kendati demikian, West Ham tetap mampu menjaga skor 1-0 hingga bubaran, menghasilkan kemenangan perdana David Moyes di markas Everton, klub yang pernah ditanganinya pada 2002-2013 itu.

Walau menang, West Ham tak beranjak dari posisi ke-10 klasemen dengan koleksi 26 poin, sedangkan Everton (29) terancam terlempar dari empat besar tergantung hasil laga-laga lain, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim selanjutnya akan tampil lebih dulu di putaran ketiga Piala FA, ketika Everton menjamu tim kasta kedua Rotherham United pada Sabtu (9/1), sedangkan West Ham melawat ke markas tim strata kelima Stocport County tiga hari kemudian.

Baca juga: Gegara virus corona, City kehilangan lima pemain hadapi Chelsea
Baca juga: Chelsea masih bisa untung Rp631 miliar meski ada pandemi
Baca juga: Manchester United incar puncak klasemen setelah Liverpool tersandung
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021