Amman (ANTARA) -
Dua puluh delapan orang tewas dalam serangan di sebuah bus di sepanjang jalan raya utama di provinsi Deir al-Zor Suriah yang berbatasan dengan Irak, kata media pemerintah Suriah pada hari Rabu.

Sebuah insiden yang menurut penduduk dan pembelot adalah penyergapan terhadap kendaraan tentara.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang insiden tersebut di daerah di mana sebagian besar tentara Suriah dan milisi yang didukung Iran bermarkas, dekat kota kuno Palmyra.

Seorang pembelot senior militer di daerah itu mengatakan kendaraan itu membawa tentara dan milisi pro-pemerintah yang telah menyelesaikan cuti mereka dan sedang dalam perjalanan kembali ke pangkalan mereka di daerah terpencil yang berpenduduk jarang itu.

Sumber lain mengatakan setidaknya tiga puluh tentara tewas, sebagian besar dari Brigade Keempat elit tentara Suriah, yang memiliki kehadiran kuat di provinsi penghasil minyak yang kaya itu sejak pejuang ISIS digulingkan pada akhir 2017.

Penduduk Deir al-Zor dan sumber intelijen mengatakan telah terjadi peningkatan dalam beberapa bulan terakhir penyergapan dan serangan tabrak lari oleh sisa-sisa militan ISIS yang bersembunyi di gua-gua di wilayah yang sebagian besar gurun pasir.

Mereka juga mengatakan dalam beberapa bulan terakhir, suku-suku Arab yang mendiami daerah itu marah dengan eksekusi oleh milisi Iran yang beroperasi di daerah puluhan nomad yang diduga berafiliasi dengan militan.

Sumber : Reuters

Baca juga: Serangan bus kelompok bersenjata di Ethiopia tewaskan 34 orang

Baca juga: Polisi Kenya ikut tewas dalam serangan bus

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020