Banjarmasin miliki jembatan gaya roller coaster ramai dikunjungi

Banjarmasin miliki jembatan gaya roller coaster ramai dikunjungi

Para jajaran Komisi III DPRD Kota Banjarmasin saat kunjungi jembatan pulau Bromo.(Antaranews Kalsel/Sukarli)

Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memiliki jembatan layang bergaya roller coaster bernama Pulau Bromo Mantuil di wilayah ujung Banjarmasin Selatan yang menurut informasi, Rabu, akan diresmikan pada 4 Januari 2021.

Jembatan yang tingginya sekitar 15 meter dari permukaan Sungai Barito tersebut memiliki desain jalan menurun berputar bergaya mainan pembangkit adrenalin, roller coaster.

 Baca juga: Banjarmasin bangun jembatan gantung di Pulau Bromo

Keunikan jembatan yang menghubungkan Kuin Kecil dan Pulau Bromo Mantuil tersebut, seperti terpantau Rabu, menarik perhatian warga, sehingga ramai dikunjungi sebagai tempat wisata baru di Kota Seribu Sungai itu.

Memang, kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dispupr) Kota Banjarmasin Windiasti Kartika saat mendampingi jajaran Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin mengunjungi jembatan tersebut, Rabu, jembatan ini memang dibangun ikonik dan futuristik untuk mendukung pariwisata.

Baca juga: Wisata susur sungai eksotis di Banjarmasin

"Seperti roller coaster, jadi memang unik jembatan ini desainnya," kata dia.
Jajaran Komisi III DPRD Kota Banjarmasin saat mengunjungi Jembatan Pulau Bromo.(Antaranews Kalsel/Sukarli)

Jembatan ini, ungkap Windiasti, untuk bentang tengahnya 100 meter, sementara jalan turunannya karena jembatan tersebut cukup tinggi sekitar 15 meter dari permukaan air sungai, dibuat berputar, sehingga tidak berbahaya.

Jembatan yang dibangun dengan anggaran hampir mencapai Rp40 miliar tersebut, kata Windiasti, sudah bisa dikatakan mencapai 99 persen selesai, hingga bisa mencapai target pada 4 Januari 2021 diresmikan.

Baca juga: Warga diizinkan rekreasi di Jembatan Teluk Kendari sampai 30 Oktober

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Isnaini yang mengunjungi pembangunan Jembatan Pulau Bromo tersebut menyampaikan apresiasi pihaknya terhadap pembangunan jembatan ini yang hampir selesai.

"Kita lihat secara langsung memang jembatan ini sudah siap," ujar politikus Partai Gerindra tersebut.

Baca juga: Bikin indah Kota Seribu Sungai, Banjarmasin bakal bangun 11 jembatan

Dia berharap, jembatan ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga di Pulau Bromo yang sudah puluhan tahun tidak merasakan jalan darat untuk ke kota.

"Apalagi jadi wisata, moga menambah peningkatan ekonomi masyarakat di sana," ujar Isnaini.

Kesiapan Jembatan Pulau Bromo tersebut jadi wisata baru Banjarmasin dengan dibuatnya pintu gerbang bertuliskan selamat datang ke kawasan wisata Kuin Kecil dan Pulau Bromo Mantuil.
Pewarta : Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020