KPU Papua jadwalkan PSU di Distrik Mandobo Boven Digoel

KPU Papua jadwalkan PSU di Distrik Mandobo Boven Digoel

Anggota KPU Provinsi Papua Melkianus Kambu (ANTARA News Papua/HO-Humas KPU Papua)

Jayapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menjadwalkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 03 Kampung Sokanggo Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel.

Anggota KPU Provinsi Papua Melkianus Kambu dihubungi dari Jayapura, Rabu, mengatakan pelaksanaan PSU tersebut atas dasar rekomendasi Bawaslu Kabupaten Boven Digoel yang menemukan adanya penyalahgunaan formulir C pemberitahuan saat pemungutan suara pada Pilkada Boven Digoel 2020 pada Senin (28/12).

"KPU menerima surat rekomendasi PSU dari Bawaslu tertanggal 29 Desember 2020 sore, sehingga kami jadwalkan pelaksanaan PSU ini pada 31 Desember 2020 mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIT," ucap-nya.

Baca juga: KPU Papua sebut partisipasi pemilih di Kabupaten Boven Digoel tinggi

Baca juga: Bawaslu: Boven Digul siap laksanakan pemungutan suara di 20 Distrik


Menurut Melkianus, sebagaimana PKPU Nomor 8 tahun 2018 pasal 60 ayat enam menyebut KPPS segera melaksanakan PSU di TPS paling lambat empat hari setelah hari pemungutan suara.

"Artinya, PSU harus dilakukan dalam waktu paling lambat empat hari terhitung sejak hari pemungutan suara," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk persiapan PSU ini, KPU telah menyiapkan logistik berupa surat suara formulir C Pemberitahuan yang nantinya berupa cap atau tanda PSU yang akan disampaikan kepada 225 pemilih yang terdaftar dalam DPT di TPS tersebut.

"Semua logistik sudah siap, KPU berharap pemilih yang terdaftar dalam DPT di TPS tersebut dapat meluangkan waktu datang ke TPS dan memberikan hak suaranya," ujarnya berharap.

Dia menambahkan sebagaimana surat rekomendasi Bawaslu Kabupaten Boven Digoel, terjadi pelanggaran di TPS 03 Kampung Sokanggo Distrik Mandobo.

Bawaslu menemukan adanya lima pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT melakukan pencoblosan menggunakan formulir C Pemberitahuan milik orang lain.

Baca juga: Kabid Humas: Situasi kamtibmas Boven Digoel kondusif jelang Pilkada

Baca juga: KPU Papua tunda pelaksanaan Pilkada Boven Digoel
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020