Kehadiran SRG ayam karkas di Cianjur ini, diharapkan menjadi solusi bagi petani dan pengusaha ayam yang selama ini kesulitan tempat penyimpanan, ketika harga ayam turun atau murah
Cianjur (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meresmikan Sistem Resi Gudang (SRG) ayam karkas yang merupakan gudang kedua yang ada Indonesia, khusus untuk petani dan pengusaha khusus daging ayam yang terletak di Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat, milik PT Arwinda Perwira Utama.

"Kehadiran SRG ayam karkas di Cianjur ini, diharapkan menjadi solusi bagi petani dan pengusaha ayam yang selama ini kesulitan tempat penyimpanan, ketika harga ayam turun atau murah," kata Jerry usai meresmikan SRG ayam karkas di Cianjur Senin.

Ia menjelaskan, keberadaan SRG tersebut dapat memberikan kemudahan bagi petani dan pengusaha, termasuk untuk mendapatkan pinjaman atau jaminan dari bank sebagai modal pengembangan usaha selama masa pandemi yang serba sulit, dimana harga ayam sempat anjlok karena rendahnya tingkat pemakaian.

Sehingga Kementerian Perdagangan, katanya, sangat mendukung berbagai upaya dan solusi yang dapat membantu meningkatkan roda perekonomian di daerah termasuk menciptakan solusi atas kesulitan bagi petani dan pengusaha di tingkat daerah seperti yang di lakukan PT Arwinda Perwira Utama yang berdomisili di Cianjur.

"Pembatasan sosial selama pandemi cukup menyulitkan petani dan pengusaha dalam pemasaran hingga penyimpanan, namun sistem digitalisasi dan aplikasi online yang diberikanan SRG memudahkan semua proses, selain menyimpan petani atau pengusaha ayam mendapat jaminan kemudahan permodalan dari bank," katanya.

Presdir PT Arwinda Perwira Utama, Cecep Wahyudin, mengatakan keberadaan SRG ayam karkas, layaknya SRG padi yang dimiliki pemerintah, dimana saat harga turun petani dapat menyimpan atau menitipkan ayamnya hingga harga kembali normal, serta mendapat jaminan dari bank dengan bunga rendah 6 persen per tahun.

"Kapasitas gudang yang kami miliki dapat menampung 100 ton ayam beku. Untuk saat ini, sudah banyak pengusaha dan petani yang menjalin kerjasama dengan kami dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Barat. Kami berencana untuk memperluas gudang agar dapat menampung lebih banyak," katanya.

Sedangkan manfaat dan kemudahan yang di dapat petani dan pengusaha yang menjalin kerjasama dengan SRG tersebut, tambah dia, selain gudang penyimpanan dan penjaminan dari bank, termasuk menyediakan pasar dan pembeli dari berbagai daerah. Sedangkan pembeli mendapat kelebihan atas kualitas ayam karkas yang baik dan harga bersaing di pasaran.

Baca juga: Lewat resi gudang, KKP bantu modal pembudi daya rumput laut di Sulsel
Baca juga: Mendag luncurkan sistem resi gudang bantu nelayan dan petani


Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020