Jakarta (ANTARA) - Film animasi "Demon Slayer: Mugen Train" catatkan rekor Box Office di Jepang, menjadi film yang paling banyak ditonton di Negeri Sakura tahun ini.

Variety, dikutip Senin, mencatat film itu meraup 313,7 juta dolar AS (nyaris Rp4,5 triliun) selama akhir pekan 26 hingga 27 Desember yang lalu.

Ini menjadikannya sebagai film hit box office terbesar di Jepang, menyalip pemegang rekor sebelumnya, film animasi fantasi 2001 Miyazaki Hayao, "Spirited Away", yang menghasilkan 305 juta dolar AS (sekira Rp4,3 triliun), termasuk pemutaran ulang tahun ini.

Baca juga: Hayao Miyazaki kembali sutradarai film animasi Studio Ghibli

Film ini sudah meroket di box office sejak peluncurannya pada 16 Oktober, meraup 100 juta dolar AS hanya dalam sepuluh hari--rekor lokal lainnya.
Hanya dalam 73 hari itu telah mendorong total penerimaan menjadi 24.049.907 juta di total 379 layar, termasuk 38 IMAX dan 92 bioskop 4D.

Salah satu alasan film ini mencetak hits adalah tidak adanya persaingan Hollywood di bulan-bulan musim panas dan musim gugur, yang sering dipadati oleh Pixar, Disney, dan film-film lain yang menarik keluarga kunci, remaja, dan demografi dewasa muda film tersebut.

Tahun ini hanya dua film asing, "Tenet" dan pemenang Oscar Korea "Parasite", yang masuk dalam sepuluh besar box office tahun ini. Tahun lalu enam film asing masuk dalam daftar sepuluh besar.

Baca juga: "Parasite" pecahkan rekor "box office" setelah menang Oscar

Sumber lainnya adalah materi, manga oleh Gotoke Koyohara yang memulai debutnya di majalah "Weekly Shonen Jump" pada Februari 2016 dan telah terjual 120 juta kopi dalam semua format. Selain itu, anime 26 episode berdasarkan manga menjadi sensasi viral setelah disiarkan di berbagai platform Internet.

Diproduksi oleh studio Ufotable dan didistribusikan oleh Toho dan Aniplex, film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang tinggal di pedesaan terpencil di awal abad ke-20 Jepang yang menjalankan misi balas dendam setelah anggota keluarga dibunuh oleh setan dan adik perempuannya menjadi satu. Film ini memiliki pukulan emosional dan sensasi aksi yang ditingkatkan secara digital yang meminjamkannya untuk mengulang penayangan, serta pemutaran di teater IMAX dan 4D, di mana film itu sangat populer.

Baca juga: "Demon Slayer" geser posisi "Titanic", jadi film terlaris di Jepang

Baca juga: "Demon Slayer" raih 150 juta dolar AS dalam 17 hari

Baca juga: "Demon Slayer The Movie" raih 44 juta dolar dalam tiga hari

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020