Telur dan cabai murah ada di lima pasar ini

Telur dan cabai murah ada di lima pasar ini

Petugas melayani warga membeli telur dan cabai dalam Gelar Pangan Murah (GMP) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Ahad (27/12/2020). (ANTARA/HO-DKPKP DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta bersama Kementerian Pertanian kembali mengadakan Gelar Pangan Murah (GMP) telur ayam ras dan cabai di lima pasar yang ada Ibu Kota pada Ahad.

Pelaksana Tugas (Plt) DKPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyebutkan, GPM ada di lima pasar, yakni Pasar Pondok Labu di Jakarta Salatan, Pasar Petojo Ilir dan Pasar Cempaka Putih di Jakarta Pusat, Pasar Glodok di Jakarta Barat dan Pasar Pademangan Timur di Jakarta Utara.

"Yang hari ini tidak kebagian, jangan khawatir, besok (Senin) GMP masih hadir di lima pasar yang sama," kata Elly.

GMP telur ayam ras telah digelar sejak 23 Desember 2020 di 15 pasar yang ditunjuk oleh DKPKP. Kegiatan ini berlangsung hingga 30 Desember 2020.

Harga telur dijual per kilogramRp24 ribu atau lebih murah Rp6.000 dari harga pasaran telur yang mengalami kenaikan hingga Rp30 ribu di sejumlah pasar di DKI Jakarta sejak pertengahan Desember 2020.

"Gelar Pangan Murah telur ini dilaksanakan di pasar-pasar yang harga jual telurnya tinggi mencapai Rp30 ribu per kg," kata Elly.

Baca juga: 500 kg telur terjual dalam Gelar Pangan Murah di Jakarta
Baca juga: DKI Jakarta siapkan operasi pasar kendalikan harga telur
Masyarakat mengantre untuk membeli telur ayam ras dalam kegiatan Gelar Pangan Murah (GMP) yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas KPKP DKI Jakarta, di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, Rabu (23/12/2020) (ANTARA/HO-Dinas KPKP DKI Jakarta)
GMP hari pertama 23-24 Desember 2020 hanya menjual telur. Kegiatan ini bertujuan untuk menekan harga jual telur yang mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2021. Kenaikan harga telur ini mencapai 10 persen atau melebihi harga yang ditetapkan oleh pemerintah di tingkat pembeli, yakni Rp24 ribu.

Pelaksanaan GMP disambut antusias warga di setiap pasar menjual hampir 500 kg telur. Warga dibatasi hanya boleh membeli sebanyak dua kilogram (kg).

"GMP ini dilaksanakan bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat terhadap kenaikan telur ayam ras dan cabai yang terjadi serentak di wilayah Indonesia," kata Elly.

Periode berikutnya GMP pada 27-28 Desember menyediakan telur ayam ras dan cabai. Hanya saja, jumlah cabai yang disediakan terbatas, hanya 50-100 kg dengan harga jual Rp50 ribu per kg.

GMP telur ini dapat diakses masyarakat mulai pukul 07.00 WIB di pasar-pasar yang telah ditunjuk. Berikut informasi jadwal dan lokasi pasar digelar GMP telur ayam ras.

Baca juga: Harga telur ayam murah ada di 15 pasar di DKI Jakarta
Baca juga: Jelang Natal, harga telur di Pasar Tebet Barat tembus Rp30 ribu per kg
Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Keluatan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Selatan melakukan pengecekan telur dalam sidak pangan jelang perayaan Natal dan tahun baru 2020 di Galael Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.
Tanggal 23-24 Desember, lima lokasi GMP telur ayam, yakni Pasar Tebet Barat, Pasar Lenteng Agung, Pasar Cijantung, Pasar Pal Merah dan Pasar Tomang Barat.

Lalu 27-29 Desember 2020, di Pasar Pademangan Timur, Pasar Glodok, Pasar Petojo Ilir, Pasar Pondok Labu dan Pasar Cempaka Putih. Selanjutnya 29-30 Desember 2020 di Pasar Pluit, Pasar Cipete Selatan, Pasar Pos Pengumben, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Rawamangun.

Selain di Jakarta, GMP telur juga dilaksanakan di Bogor pada 23-30 Desember 2020 oleh Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia (TTI) Bogor di Jalan Tentara Pelajar Nomor 1, Cimanggu, Bogor.

Elly menambahkan, pelaksanaan GPM diawasi secara ketat oleh petugas dinas, Sudin KPKP dan Perumda Pasar Jaya sehingga pelaksanaan GPM berjalan aman, tertib dan disiplin sesuai dengan protokol pengendalian COVID-19

"Semoga masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan telur ayam ras dan cabai yang murah dan baik," kata Elly.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020