Jakarta (ANTARA) - Tahun Baru menjadi salah satu momen istimewa untuk berkumpul bersama keluarga, atau sekadar berjalan-jalan singkat bersama sahabat maupun pasangan.

Sebelum mengunjungi keluarga atau berpergian menggunakan mobil, Anda perlu mempersiapkan kendaraan agar tidak terjadi kendala saat perjalanan.

Berikut ulasannya menurut siaran pers Auto2000, Minggu:

Patuhi Protokol Kesehatan

Anda harus patuh protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19, antara lain memakai masker, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak aman.

Pastikan setiap anggota keluarga membawa tas siaga COVID-19 yang berisi masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, serta peralatan ibadah dan makan pribadi.

Batalkan niat memasuki tempat wisata jika terlalu penuh dan banyak kerumunan orang.

Periksa ban

Saat liburan nanti, mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan, apalagi saat ini sedang musim hujan.

Oleh sebab itu, Anda wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban. Jangan lupakan untuk memeriksa kondisi ban serep.

Cek oli mesin

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan antar komponen. Dengan begitu, mesin dapat bekerja secara optimal dan punya daya tahan yang memadai terhadap kerusakan.

Pelumas juga membantu melepaskan panas mesin serta membuang kotoran yang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin. Pastikan volume oli mesin sesuai takaran dan segera tambah jika kurang.

Perhatikan cairan mobil

Cek kembali kondisi air radiator. Buka tutup atas radiator dan perhatikan batas ketinggiannya, termasuk tabung penyimpan cadangan air radiator.

Isi penuh air pembersih kaca yang pegang peran dalam membersihkan kaca depan saat berkendara jarak jauh. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan segera tambah jika kurang. Untuk mobil transmisi manual, periksa volume tabung fluida kopling.

Jika Anda pengguna aki jenis basah, silakan cek ketinggian air aki dan bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran.

Mobil yang masih mengandalkan power steering hidrolik bisa mengecek volume minyak power steering. Pastikan pula freon AC dalam kondisi penuh supaya kabin tetap sejuk selama perjalanan. Amati area ruang mesin dan kolong mobil dari potensi tetesan cairan sebagai tanda adanya kebocoran.

Persiapkan aksesoris penunjang mobil

Supaya kabin tetap lega, pengguna mobil jenis MPV atau SUV bisa menggunakan roof rack di atap mobil. Atur posisi duduk penumpang dan barang bawaan supaya suasana kabin terasa nyaman.

Siapkan playlist lagu dan film yang memadai sebagai sarana hiburan serta makanan dan minuman ringan untuk teman perjalanan. Isi penuh bahan bakar dan kartu e-toll supaya tidak banyak berhenti. Pelajari rute mengandalkan peta digital untuk memudahkan perjalanan.

“Selamat menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Tetap patuhi protokol kesehatan. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu AutoFamily yang ingin melakukan persiapan mobil sebelum berlibur bersama keluarga tercinta. Segera kunjungi website Auto2000.co.id untuk memilih program promo paling menguntungkan di pergantian tahun ini,” jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000.

Baca juga: Pandemi tak surutkan niat staycation sambut tahun baru di hotel

Baca juga: Tingkat pembatalan masih wajar meski aturan perjalanan kian ketat

Baca juga: Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020