Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada 20-25 Desember 2020 mendapat banyak perhatian dari pembaca, mulai dari ekspor perdana dari pelabuhan Patimban hingga vaksin selain Sinovac akan masuk RI kuartal II-2021.

Berikut beberapa berita yang masih menarik dibaca untuk menemani akhir pekan :

1. Presiden Jokowi saksikan ekspor perdana dari pelabuhan Patimban
Presiden Joko Widodo menyaksikan ekspor perdana yang menandai beroperasinya Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat.

Ekspor tersebut berupa 140 unit kendaraan dari berbagai merek yaitu Toyota, Daihatsu, Suzuki yang diangkut oleh kapal MV. Suzuka Express dengan tujuan Brunei Darussalam.

Selengkapnya di sini

2. Menkeu revisi proyeksi ekonomi RI 2020 tumbuh negatif 2,2-1,7 persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia keseluruhan tahun 2020 masih berada dalam rentang negatif namun kontraksinya lebih dalam yakni minus 2,2 hingga minus 1,7 persen.

"Memang ini sedikit lebih baik dibandingkan rata-rata negara ASEAN atau emerging market tapi kita tetap waspada," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual realisasi APBN per November 2020 di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

3. Presiden berpesan agar regulasi ekspor benih lobster dievaluasi
Presiden Joko Widodo berpesan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono agar regulasi terkait pengelolaan ekspor benih lobster dapat dievaluasi guna memperbaiki kinerja sektor kelautan dan perikanan nasional.

"Soal benur (benih lobster) akan kita evaluasi karena saya cinta keberlanjutan lingkungan," kata Sakti Wahyu Trenggono kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

4. Pengusaha berharap industri garmen bisa diselamatkan saat pandemi
Industri garmen yang tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Produk Tekstil Jawa Barat (PPPTJB) berharap sektor tersebut bisa diselamatkan saat pandemi COVID-19 sehingga tidak terus memunculkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kami sangat mengapresiasi pemerintah dalam menetapkan UU Cipta Kerja dalam rangka menciptakan lapangan kerja. Namun dalam realitasnya para pengusaha terancam gulung tikar dan pekerja terancam PHK massal dalam waktu dekat ini, karena penetapan pengupahan di luar kemampuan dan kepantasan," kata Jurubicara PPPTJB Sariat Arifia melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

5. Menko Airlangga: Vaksin selain Sinovac akan masuk RI kuartal II-2021

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut beberapa vaksin COVID-19 selain dari Sinovac rencananya akan masuk Indonesia pada kuartal II-2021.

“Pemerintah sudah mengirim Letter of Interest dan sedang dalam proses negosiasi,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam bincang-bincang daring Outlook 2021 di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020