Keselamatan kerja sudah menjadi komitmen manajemen dalam setiap proyek
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Drilling Contractor (PDC) dan anak perusahaan PT PGN Tbk, PT PGN Solution (PGASOL) bekerja sama dalam proses alih kelola Blok Rokan, Riau, khususnya terkait penggantian pipa.

Direktur Operasi PDC Jusup Budiarto dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu menjelaskan keselamatan kerja sudah menjadi komitmen manajemen agar dalam setiap proyek yang dilaksanakan dapat meminimalisasi insiden, terutama dalam penggantian pipa.

"Semua personel jangan lengah sedikitpun terhadap aspek keselamatan kerja. Patuh terhadap aturan yang ada, SOP dan ketentuan lainnya yang berlaku, juga aktif melakukan intervensi jika ditemukan adanya unsafe condition ataupun unsafe action, serta peduli terhadap sesama rekan kerja, terlebih jika ada potensi bahaya yang mengancam," imbuhnya.

Baca juga: PGN terapkan teknologi terpadu tingkatkan layanan gas bumi

Ketiga prinsip yang diminta untuk diimplementasikan tersebut dikenal sebagai HSE golden rules yang wajib melekat pada segenap perwira PDC dalam melaksanakan pekerjaan di manapun berada sehingga menjadi budaya kerja sehari-hari.

PDC melakukan management walk through (MWT) atau kunjungan dan pengawasan langsung rutin sebagai salah satu upaya monitoring progress project dan memberi dorongan semangat bagi para pekerja (frontliner) dalam menyelesaikan tugasnya.

Dalam kegiatan MWT ini, Direktur Operasi PDC Jusup Budiarto yang sekaligus mewakili manajemen konsorsium PDC-PGASOL, didampingi Corporate Secretary PDC Budhi Kristianto, perwakilan manajemen PT Pertagas, tim PGASOL, manajer proyek dan deputi guna mengupayakan dan memastikan tahapan proyek berjalan dengan baik.

Meski proyek berjalan di tengah pandemi COVID-19 ini, namun PDC tetap profesional dalam menangani proyek strategis nasional ini.

Di sisi lain, pekerjaan penggantian pipa minyak yang cukup panjang ini memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang tinggi, sehingga aspek keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama.

Karenanya, sinergi dua kekuatan PDC-PGASOL diyakini akan dapat mengerjakan dan menyelesaikannya tepat waktu. Koordinasi dua perusahaan afiliasi Pertamina ini telah berkomitmen bersama menyelesaikannya target penyelesaian proyek dengan baik, lancar, sesuai tata waktu, dan safety.

Pekerjaan penggantian pipa project Rokan yang melintas empat kabupaten ini diharapkan dapat nantinya digunakan untuk menyalurkan minyak di Blok Rokan.

Pembangunan pipa ini merupakan proyek strategis untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Ketahanan produksi minyak di Blok Rokan, diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan performa lifting minyak nasional sebagai energi primer dalam upaya memajukan perekonomian nasional.

Baca juga: Inpex-PGN tanda tangani MoU jual beli gas dari Blok Masela
Baca juga: PGN bukukan pendapatan Rp31,5 triliun


Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020