Hebatnya, tahun yang selalu memisahkan orang, dalam banyak hal, membawa kita lebih dekat
Jakarta (ANTARA) - Ratu Inggris Elizabeth II berharap Natal tahun ini dapat menjadi pemantik semangat untuk menyongsong tahun 2021. Dalam pesan Natal-nya, ia memuji orang-orang karena telah "bangkit dengan luar biasa menghadapi tantangan tahun ini".

Dalam pidatonya, Ratu Elizabeth menggambarkan bagaimana orang dari semua agama tidak dapat merayakan festival, seperti Paskah, Idul Fitri, dan Baisakhi, dengan cara yang biasa mereka lakukan karena pandemi virus corona.
Ratu Inggris Elizabeth II merekam siaran Natal tahunannya di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris (24/12/2020). Gambar diambil 24 Desember 2020. ANTARA/REUTERS/Pool/Victoria Jones/aa.
Baca juga: Lagu Natal Mariah Carey pecahkan rekor Spotify

Namun, dia menambahkan bagaimana dia telah "digerakkan" oleh semangat orang-orang saat menghadapi kesulitan.

"Hebatnya, tahun yang selalu memisahkan orang, dalam banyak hal, membawa kita lebih dekat," katanya. "Saya dan keluarga terinspirasi oleh kisah orang-orang yang menjadi sukarelawan di komunitas mereka, membantu mereka yang membutuhkan."

"Di Inggris Raya dan di seluruh dunia, orang-orang telah mengatasi tantangan tahun ini dengan luar biasa, dan saya sangat bangga dan tersentuh oleh semangat yang tenang dan tak tergoyahkan ini. Kepada kaum muda kami secara khusus, saya mengucapkan terima kasih atas peran yang telah Anda mainkan," kata Ratu Elizabeth.

Baca juga: Kanye West rilis mini album "Emmanuel" di Hari Natal

"Saat ini, garda terdepan masih menyinari kami--didukung oleh pencapaian sains modern yang luar biasa--dan kami berhutang budi kepada mereka," tambahnya.

Di Inggris Raya, orang-orang menyambut Malam Natal dengan kesepakatan perdagangan Brexit.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengunggah video di akun Twitter-nya dan menyampaikan pesan Natal. Sambil melambaikan tumpukan kertas tebal yang mendokumentasikan kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa (UE) di depan kamera, Johnson mengatakan itu adalah "hadiah kecil bagi siapa saja yang mungkin mencari sesuatu untuk dibaca dalam momen makan siang pasca-Natal."

Baca juga: Pesan Natal Ratu Elizabeth akan disiarkan di Alexa

Baca juga: Warga Inggris diajak tanam pohon untuk peringati 70 tahun tahta Ratu

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020