Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji bersama Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol. Budi Sartono dan Dandim 0504 Kolonel Inf. Ucu Yustiana patroli guna memantau pelaksanaan Misa Malam Natal ke sejumlah gereja.

Pantauan pertama dilakukan para pimpinan tiga pilar tersebut ke Gereja Santho Yohanes Penginjil Melawai yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Di lokasi ini Wakil Wali Kota, Kapolres Metro Jakarta Selatan, dan Dandim menyempatkan mengecek dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan dari luar gereja.

Gereja Santho Yohanes Penginjil Melawai melaksanakan Misa Malam Natal secara tatap muka pada pukul 17.00 WIB dengan protokol ketat, membatasi jumlah jemaah yang hadir sebanyak 200 orang.

Menurut Pastur Kepala Paroki Blok B, Antonius Dhimas Hardjuna, pihak gereja melaksanakan dua kali Misa Natal yakni pada 24 Desember 2020 pukul 17.00 WIB dan 25 Desember 2020 pukul 08.30 WIB.

"Misa dibatasi hanya selama satu jam, begitu juga umat yang boleh hadir hanya 200 orang, dengan usia mulai dari 18 tahun hingga 59 tahun," ujar Pastur Antonius.

Setelah menyambangi Gereja Santho Yohanes Penginjil, pimpinan tiga pilar itu bergerak ke Gereja Santo Stevanus yang ada di wilayah Cilandak. Misa dimulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Dari Gereja Santo Stevanus, rombongan kembali berkeliling menuju Gereja Bahtera Kasih di Pasar Minggu. Kegiatan misa dimulai pukul 19.00 WIB-21.00 WIB.

Terakhir, rombongan menyambangi Gereja Kharisma di Kebayoran Lama yang melaksanakan misa malam natal pukul 19.00 WIB-21.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol. Budi Sartono menyebutkan pemantauan dan pengawasan dilakukan hanya dari luar gereja.

"Kami tidak masuk ke dalam gereja. Kami hanya ingin memantau dan mengawasi penerapan proyokol kesehatan dari luar gereja," ungkap Budi.

Baca juga: 1.400 personel gabungan amankan Natal Tahun Baru di Jakarta Selatan
Baca juga: Gereja Sion adakan Misa Malam Natal berkapasitas jemaah terbatas
Baca juga: TMII sesuaikan waktu Misa Malam Natal dengan protokol kesehatan

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020