Bagi yang merayakan Natal kita mengimbau tetap menjaga protokol kesehatan
Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh Iqbal mengimbau kepada warga nonmuslim yang merayakan Natal agar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Bagi yang merayakan Natal kita mengimbau tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat, dan juga tidak berkerumun serta mengadakan pesta," kata Iqbal, di Banda Aceh, Selasa.

Iqbal mengatakan, Kemenag Aceh juga sudah membuat surat imbauan kepada masyarakat dalam menghadapi beberapa peringatan pada akhir tahun ini yakni tsunami, Natal dan tahun baru.

Baca juga: Polresta amankan sejumlah gereja di Banda Aceh

Baca juga: PGI imbau gereja lakukan ibadah Natal secara virtual


"Menghadapi peringatan tsunami Aceh kita ajak masyarakat bermuhasabah kemudian perbanyak ibadah dan kegiatan sosial," ujarnya.

Kemudian, mengenai perayaan Natal, Iqbal mengimbau umat Kristen melaksanakan ibadah di tempat yang telah diizinkan, namun tetap selalu dengan penerapan protokol kesehatan, tidak menggelar pesta yang mengundang kerumunan.

Lalu, lanjut Iqbal, dalam rangka menyambut Tahun Baru 2021, dirinya mengimbau masyarakat Aceh tidak melaksanakan kegiatan yang dapat melanggar syariat Islam yang berlaku di tanah rencong.

"Untuk menyambut tahun baru kita mengimbau baik kepada umat Islam maupun nonmuslim agar tidak melakukan hal yang tidak baik," katanya.

Iqbal berharap, momentum akhir tahun ini harus disambut dengan selalu bermuhasabah, melaksanakan kegiatan seperti zikir, berdoa serta aktifitas positif lainnya.

Baca juga: Perayaan Natal di Aceh Barat mendapat pengamanan TNI-Polri

Baca juga: 29 narapidana di Aceh terima remisi khusus Natal

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020