Banda Aceh (ANTARA) - Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengingat libur akhir tahun di provinsi ujung barat Indonesia jangan sampai menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

"Kami ingatkan masyarakat jangan sampai liburan ini menjadi klaster baru penularan COVID-19. Pandemi COVID-19 masih berlangsung, jadi patuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19," kata Irjen Pol Wahyu Widada di Banda Aceh, Selasa.

Kapolda mengatakan lokasi wisata maupun pusat perbelanjaan biasanya dipadati masyarakat saat libur akhir tahun. Namun perlu diingat, kondisi sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Sabang perketat protokol kesehatan COVID-19 hadapi libur akhir tahun

Baca juga: Lampung lakukan pengendalian prokes jelang libur akhir tahun


Irjen Pol Wahyu Widada menyesal masih ada masyarakat tidak percaya pandemi COVID-19. Hal ini bisa dilihat masih terjadi kerumunan warga, seperti di pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, serta tempat-tempat lainnya.

"Sekarang ini pandemi COVID-19 masih berlangsung. Karena itu, patuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, serta menghindari kerumunan," kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Kepolisian, kata Irjen Pol Wahyu Widada, akan mengerahkan personel ke tempat keramaian untuk memastikan penerapan protokol kesehatan serta mencegah kerumunan saat libur akhirnya.

Baca juga: DPR RI minta pemerintah tegas terapkan prokes di libur akhir tahun

Tujuannya, kata jenderal polisi bintang dua tersebut, untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Sebab, Polri bersama TNI dan pemerintah daerah terus berupaya memutuskan mata rantai virus corona yang dikenal dengan sebutan COVID-19.

"Tren positif COVID-19 di Aceh menurun. Karena itu, mari bersama-sama mencegah penularan COVID-19. Jangan abaikan protokol kesehatan karena itu satu-satunya cara mencegah penularan COVID-19," kata Irjen Pol Wahyu Widada.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker #cucitanganpakaisabun #jagajarak

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020