Wagub Jabar: Pameran foto bisa jadi inspirasi bagi pemangku kebijakan

Wagub Jabar: Pameran foto bisa jadi inspirasi bagi pemangku kebijakan

Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum (kanan) menerima buku foto ARKE Kilas Balik Jawa Barat 2019-2020 yang diserahkan Kurator Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) Ismar Patrizki (tengah) disaksikan Kepala Biro Jawa Barat Zaenal Abidin (kiri) di 23 Paskal, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/12/2020). . ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/aww

Bandung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan sebuah pameran foto seperti Pameran Foto Bertajuk ARKE Kilas Balik Jawa Barat 2019-2020 yang digelar LKBN ANTARA di 23 Paskal Shopping Centre, Kota Bandung, bisa menjadi inspirasi bagi pemangku kebijakan (pemerintah daerah).

"Pameran foto ini menjadi inspirasi bagi pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan untuk rakyat karena pameran foto ini membuat kilas balik peristiwa di Jabar selama kurun waktu setahun ke belakang," kata Wagub Uu saat memberikan sambutan pada Pameran Foto Bertajuk ARKE Kilas Balik Jawa Barat 2019-2020, Senin.

Wagub Uu berterimakasih atas peran media massa di Jabar agar terus bersinergi dan dengan setia terus mengawal jalannya pemerintahan, khususnya di Jabar.

"Berbicara tentang media, pemerintah perlu kehadiran media sebagai mitra. Termasuk kehadiran saya pada hari ini sebagai bentuk penghormatan termasuk ucapan terima kasih kepada media yang terus memberitakan tentang Jawa Barat," kata Kang Uu, sapaan Wagub Jabar.

"Apalagi yang beritakan Antara, kami yakin bernilai edukasi, mengandung nilai persatuan dan kesatuan," tambah Dia.

Baca juga: Wagub Jabar buka Pameran Foto ARKE Kilas Balik 2019-2020

Hasil foto 'jepretan' fotografer menjadi bukti sejarah pembangunan Jawa Barat. Selain itu, media juga menjadi perpanjangan Indra para pemangku kepentingan. Mulai dari Indra pengelihatan, pendengaran.

"Peran media memperpanjang tangan kami, telinga, mata kami. Telinga kami terbatas, banyak masyarakat yang curhat ke media untuk menyampaikan aspirasi dan dibaca oleh kami, kemudian hadir sebuah keputusan dari sana," katanya.

Sebaliknya, lanjut sosok Panglima Santri, program-program yang digagas Pemerintah juga bisa diketahui masyarakat, lewat peran media. Sehingga dengan peran media, pemerintah terbantu dalam hal membangun komunikasi dengan masyarakat termasuk diantaranya lewat LKBN ANTARA.

"Foto -foto selama setahun, masyarakat bisa mengenang foto setahun ini. Ini kegiatan sangat bermakna sangat berarti supaya tidak lupa sejarah," lanjut dia.

Baca juga: Ridwan Kamil melepas penat dengan berburu foto

Sementara itu, Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Ahmad Munir menuturkan bahwa karya -karya foto yang dipamerkan adalah hasil karya jurnalis foto terbaik, dengan karya -karya yang mencerdaskan bangsa, mencerahkan kepada bangsa dan mengeduksi kepda publik, serta memberdayakan kepada masyarakat.

"Termasuk foto- foto yang memang selama ini menjadi produk unggulan kami. Atas kesinambungan kami menggelar pameran foto kerjasama kantor Berita Antara," kata Dia.

Kepala Biro LKBN ANTARA Biro Jawa Barat, Zaenal Abidin, berujar bahwa tidaklah mudah bagi para wartawan untuk melaksanakan tugasnya di tengah Pandemi COVID-19. Apalagi beriringan dengan pergesekan politik juga dengan gejolak ekonomi yang ada.

"Kami akan tetap menjunjung kode etik jurnalistik untuk mencipta karya terbaik," ujarnya.

Zaenal berharap agar pameran foto ini menjadi inspirasi bagi pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan untuk rakyatnya. Karena pameran foto ini memuar kilas balik peristiwa di Jabar selama kurun waktu setahun kebelakang.

Tentu foto- foto hasil karya para jurnalis foto, bisa menjadi bahan review atas progres pembangunan yang sudah dan tengah dilangsungkan.

Baca juga: 100 foto kilas balik Jabar dipamerkan
 
Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020