Kupang (ANTARA) - Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Nusa Tenggara Timur menyelamatkan dua nelayan penumpang perahu motor yang mengalami mati mesin di Perairan Teres, Pulau Timor Kabupaten Kupang.

"Perahu motor yang mati mesin ditemukan terombang ambing gelombang di perairan sebelah selatan Teres, Pulau Timor. Dua nelayan yang menumpang perahu itu ditemukan dalam kondisi selamat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer ketika dihubungi di Kupang, Sabtu.

Ia mengatakan, tim SAR beranggota 12 orang dengan menumpang KN SAR Antareja 233 yang dilengkapi Palsar Medis, Palsar AIR menuju lokal kejadian untuk melaksanakan operasi SAR.

Baca juga: Nenek 70 tahun terapung di perairan Ternate-Tidore, ditemukan Tim SAR

Menurut dia, tim SAR berhasil menemukan perahu motor tanpa nama pada Jumat (18/12) pukul 21.00 wita pada koordinat 10° 29'731"S-123°44'980"E dengan kondisi dua penumpang perahu motor yaitu Zakarias (40) dan Hendri (35) warga Desa Tablolong, Kabupaten Kupang dalam kondisi selamat.

Emi Frizer menambahkan, setelah ditemukan, kedua penumpang langsung dievakuasi ke Desa Tablolong dengan jarak 23 NM dari lokasi kedua nelayan itu ditemukan.

Menurut dia, proses evakuasi terhadap dua nelayan itu berlangsung dengan aman sekalipun saat itu sedang terjadi hujan ringan.

"Tim SAR tiba di Tablolong pada pukul 23.00 wita untuk menyerahkan kedua nelayan yang berhasil diselamatkan tim SAR kepada pihak keluarga," tegas Emi Frizer. 

Baca juga: Penumpang speedboat hilang kontak ditemukan selamat

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020