Jaringan 5G bisa parkirkan mobil otomatis?

Jaringan 5G bisa parkirkan mobil otomatis?

Teknologi parkir otonom LG (ANTARA/LG)

Jakarta (ANTARA) - Operator telekomunikasi Korea Selatan LG Uplus mendemonstrasikan kendaraan otonom yang dapat parkir sendiri menggunakan jaringan 5G berkecepatan tinggi.

Dalam demonstrasi video online, LG Uplus menguji kendaraan swakemudi yang menempuh perjalanan sekitar lima menit di jalan yang berlokasi di Seoul barat dan berhasil memarkir dirinya sendiri di tempat parkir umum.

Mobil uji tersebut adalah SUV Genesis GV80 yang dilengkapi dengan sensor lidar dan radar.

Perjalanan dimulai di jalan yang berjarak 800 meter dari tempat parkir, mengikuti sinyal lalu lintas di jalan, dan kemudian parkir di tempat sempit.

LG Uplus, dikutip dari Yonhap, Sabtu, mengatakan demonstrasi parkir otonom tersebut adalah yang pertama di dunia yang menggunakan jaringan internet generasi terbaru, 5G.

Baca juga: Begini cara kerja fitur parkir otomatis BMW 530i M Sport

Baca juga: Teknologi parkir pintar All-new BMW Seri 5 (video)


Jaringan 5G memungkinkan kendaraan swakemudi secara instan menerima informasi sinyal lalu lintas, tidak hanya mengenalinya melalui sensor, untuk meningkatkan keselamatan penumpang.

LG Uplus mengatakan telah mengembangkan teknologinya itu bersama ACE Lab milik Univesitas Hanyang dan perusahaan teknologi swakemudi Controlworks, yang juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol mobil jarak jauh melalui aplikasi seluler.

Uji coba terbaru dari LG Uplus tersebut merupakan pengembangan dari uji coba tahun lalu ketika hanya mengandalkan teknologi sensor. Operator terlekomunikasi itu mengatakan telah menyelesaikan 137 uji coba parkir otonom menggunakan teknologi 5G sebelum demonstrasi terbaru.

LG Uplus mengatakan akan menguji teknologi tersebut untuk masyarakat luas paling cepat bulan depan.

Korea Selatan telah secara aktif mengejar pengembangan kendaraan otonom. Awal tahun ini, pemerintah Korea Selatan berjanji menggelontorkan dana 1,1 triliun won atau sekitar Rp14,1 triliun untuk penelitian pada teknologi tersebut hingga 2027.

Baca juga: BMW 7-Series terbaru bisa parkir sendiri

Baca juga: Sandal dari Nissan bisa "parkir" sendiri
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020