Dubes RI peroleh penghargaan kebudayaan, pariwisata dari Vietnam

Dubes RI peroleh penghargaan kebudayaan, pariwisata dari Vietnam

Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi (kiri) menerima anugerah "Medal for the Cause of Culture, Sports and Tourism" dari Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam Nguyen Ngoc Thien (kanan) di Hanoi, Kamis (17/12/2020). (ANTARA/HO-KBRI Hanoi)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi diberikan anugerah Medal for the Cause of Culture, Sports and Tourism oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, menjelang akhir masa tugasnya sebagai perwakilan diplomatik di negara itu.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Nguyen Ngoc Thien pada acara di Kantor Kementerian di Hanoi, Kamis (17/12), yang sekaligus menjadi kunjungan perpisahan Ibnu Hadi.

Dalam keterangan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Hanoi yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, Menteri Thien menyebut Dubes Ibnu Hadi sebagai mitra "yang aktif dan bersemangat dalam meningkatkan pertukaran budaya dan olahraga serta kontak antarmasyarakat kedua negara."

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi atas prakarsa Dubes Ibnu Hadi untuk kolaborasi yang sukses antara Kementerian dengan KBRI Hanoi dalam penyelenggaraan Friendship Night of Indonesia-Vietnam pada 16 November lalu di Gedung Opera Hanoi," kata Thien, dikutip dari keterangan yang sama.

Anugerah medali tersebut menjadi, sedikitnya, yang ketiga bagi Ibnu Hadi selama pengujung masa jabatan sebagai duta besar di Hanoi--yang akan berakhir pada Desember.

Belum lama ini, ia menerima dua penghargaan lain, yakni Orde Persahabatan dari Presiden Nguyen Phu Trong dan Medali Perdamaian dan Persahabatan Antarbangsa dari Vietnam Union of Friendship Organizations (VUFO).

Ketika menerima penghargaan terbarunya, Ibnu Hadi mengatakan ia berharap di masa mendatang akan ada penambahan jumlah penerbangan langsung yang menghubungkan kota-kota besar di Indonesia dan Vietnam, demi meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, pariwisata, sosial-budaya, dan relasi antarmasyarakat.

Selama masa tugasnya, Ibnu Hadi telah menambah jumlah penerbangan langsung, yang semula hanya satu, menjadi empat rute untuk menghubungkan Jakarta, Bali, Hanoi, dan Ho Chi Minh City.

Selain itu, mengenai pesta olahraga Asia Tenggara ke-31 yang upacara pembukaan secara simbolisnya (kick-off ceremony) digelar pada 21 November lalu, Ibnu Hadi menyebut dirinya "yakin Sea Games yang akan dilaksanakan di Vietnam pada tahun 2021 akan berjalan lancar dan meriah."

Baca juga: Dubes RI terima anugerah "Friendship Order" dari Presiden Vietnam
Baca juga: Tidak ada WNI terpapar corona di Vietnam meski sempat jalani karantina
Baca juga: Indonesia optimistis nilai dagang dengan Vietnam tembus US$10 miliar


 
Pewarta : Suwanti
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2020