Vaksin siap kami distribusikan jika sudah disalurkan pemerintah pusat ke daerah
Baturaja (ANTARA) - Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Rozali menegaskan pihaknya siap mendistribusikan vaksin kepada masyarakat di seluruh kecamatan wilayah setempat.

"Vaksin siap kami distribusikan jika sudah disalurkan pemerintah pusat ke daerah," kata Rozali di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis.

Meski demikian, ia mengatakan, pihaknya belum mendapatkan arahan dari pemerintah terkait jadwal pendistribusian, meski kemungkinan vaksin gratis akan disalurkan mulai Januari 2020.

"Vaksin gratis ini mungkin mulai didistribusikan pada Januari 2020," kata Sekretaris Dinas Kesehatan OKU tersebut.

Baca juga: BPBD Sumsel siap bantu distribusi vaksin

Rozali menambahkan sambil menunggu petunjuk dari pemerintah saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan tenaga vaksinator yang akan membantu penyuntikan vaksin kepada masyarakat.

Tenaga vaksinator ini, lanjut dia, melibatkan tenaga kesehatan dari rumah sakit dan 18 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

Untuk jumlah tenaga vaksinator yang akan dilibatkan dalam vaksinasi ini, Rozali mengaku belum tahu, karena saat ini masih proses pendataan.

"Yang pastinya tenaga vaksinator yang akan membantu menyuntik vaksin ini harus memiliki pengalaman di bidang tersebut," ujar dia.

Baca juga: Satgas : Vaksin COVID-19 gratis di RI bantu kekebalan komunitas global

Baca juga: Pemerintah pastikan vaksin COVID-19 yang digunakan terbaik bagi publik


#satgascovid19
#ingatpesanibu
#jagajarak
#pakaimasker

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020