Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, menyerahkan surat kepercayaan (letter of credentials) dari Presiden RI Joko Widodo kepada Kaisar Jepang Naruhito, Kamis.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut "berlangsung dengan khidmat" di Ruang Upacara "Matsu", Istana Kekaisaran Jepang di ibu kota Tokyo, menurut keterangan Kedutaan Besar RI di Tokyo.

"Alhamdulillah, hari ini saya sudah menyerahkan surat kepercayaan kepada Kaisar Jepang, Sri Baginda Kaisar Naruhito," kata Dubes Heri, seperti disampaikan dalam siaran pers KBRI Tokyo yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

"Tadi juga sempat berbincang dengan beliau. Indonesia dan Jepang akan semakin mempererat persahabatan yang sudah terjalin sejak 1958," kata Heri menambahkan.

Baca juga: Indonesia-Jepang perkuat kerja sama pengembangan ekosistem reka cipta

Baca juga: Indonesia undang Jepang jadikan Pulau Kura-Kura Bali pusat riset dunia


Dalam acara tersebut, Kaisar Naruhito didampingi oleh Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Kajiyama Hiroshi serta Kepala Rumah Tangga Istana Kekaisaran Yasuhiko Nishimura.

Sementara Dubes Heri didampingi oleh sejumlah pejabat, antara lain Wakil Duta Besar Tri Purnajaya, Atase Pertahanan Kolonel Penerbang Wisoko Aribowo, serta Koordinator Fungsi Politik Andi Ardiansyah.

Dubes Heri, yang berusia 67 tahun, termasuk dalam 12 orang perwakilan diplomatik RI yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Oktober 2020. Ia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat selama tiga periode, yakni pada 1999-2004, 2004-2009, dan 2009-2014.

Baca juga: Jepang dukung pembentukan sovereign wealth fund Indonesia

Baca juga: Luhut: Jepang akan investasi 4 miliar dolar untuk dukung SWF Indonesia

Pewarta: Suwanti
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2020