Ini kita harapkan menjadi motivasi sekaligus penyemangat kepada Pak Jokowi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Jazilul Fawaid yang akrab disapa Gus Jazil menilai masuknya Presiden Joko Widodo dalam daftar tokoh muslim berpengaruh dunia bisa menjadi motivasi semakin meningkatkan kiprah Indonesia dalam dunia Islam.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia, kata dia, Indonesia mestinya memiliki peluang untuk tokoh atau pemimpin yang masuk di urutan lima besar.

"Tetapi memang keadaan dunia yang berubah karena konflik dan lain-lain, kita sendiri di Indonesia mengalami krisis. Hal yang lebih penting penghargaan dunia kepada Pak Jokowi yang menempati urutan 12 patut diapresiasi. Ini kita harapkan menjadi motivasi sekaligus penyemangat kepada Pak Jokowi khususnya, dan umat Islam Indonesia untuk bisa lebih berkiprah di dunia internasional," ujar Gus Jazil, dalam pernyataannya, di Jakarta, Rabu.

Dalam daftar "The Muslim 500: The World 500's Most Influential Moslem in the World" 2021, ada nama Jokowi yang menempati urutan ke-12. Pada tahun sebelumnya, Jokowi ada di peringkat ke-13.

Selain Jokowi, ada pula nama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan ulama/anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya. Said Aqil berada di posisi ke-18 dan Habib Lutfi berada di peringkat ke-32. Nama paling atas adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Gus Jazil bersyukur, karena dalam daftar tokoh muslim berpengaruh dunia, juga ada nama dua tokoh NU lainnya yakni Kiai Said Aqil Siroj dan Habib Luthfi.

"Alhamdulillah dari kalangan Nahdlatul Ulama, khususnya Pak Kiai Said Aqil Siroj juga masuk di jajaran orang yang memiliki pengaruh kepada kehidupan umat Islam di dunia," ujarnya pula.

Dengan penghargaan itu, Gus Jazil berharap Jokowi bisa lebih memberikan perhatian melalui berbagai kebijakan, khususnya kepada umat Islam di Indonesia, termasuk juga memerankan peran strategisnya pada diplomasi di dunia-dunia Islam.

"Peran diplomasi ini kelihatannya memang kurang begitu menonjol, tetapi masih terbuka peluang untuk tahun-tahun depan. Ini penting untuk melakukan kiprah internasionalnya dan termasuk juga ormas-ormas, tokoh-tokoh Islam yang lain, ini juga perlu meningkatkan kiprahnya di kepemimpinan dunia internasional," ujarnya pula.

Kepada NU, Gus Jazil berharap jangan hanya menjadi organisasi besar di Indonesia, tapi juga memiliki pengaruh yang kuat di dunia atau di belahan negara Islam lainnya.

"Kuncinya pertama pada SDM, sumber daya manusia Islam Indonesia perlu ditingkatkan. Kedua pemberdayaan ekonomi umat ini juga penting untuk diperhatikan, karena untuk bisa berkiprah, harus memiliki modal ilmu pengetahuan sekaligus ekonomi yang kuat," katanya.

Soal pikiran konsep Islam yang damai yang memberikan bisa memberikan kiprah, Gus Jazil mengingatkan bahwa Indonesia adalah gudangnya.

Namun, untuk bisa mentransfer ke belahan negara Islam yang lain yang sekarang mengalami konflik, seperti di Libya, Yaman, Suriah maupun Palestina, peran Indonesia masih perlu ditingkatkan.

"Pak Jokowi juga sudah merintis, tapi belum terlalu kuat. Dengan adanya penghargaan ini menjadi pemicu buat kita semua sebagai negara yang mayoritas Islam untuk berkiprah lebih dominan, lebih dirasakan dunia Islam," katanya pula.
Baca juga: FPDIP: Jokowi wujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin masuk 50 tokoh

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020