Hasil hitung suara pasangan Eva-Deddy menang di Bandarlampung

Hasil hitung suara pasangan Eva-Deddy menang di Bandarlampung

Rapat Rekapitulasi suara pada Pilkada Bandarlampung tingkat kota yang dilakukan oleh KPU setempat, Selasa (15/12/2020). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menyebutkan bahwa berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara pasangan calon nomor urut 3, Eva Dwiana-Deddy Amarullah menang atas pasangan nomor urut 1, Rycko Menoza-Johan Sulaiman, dan pasangan calon nomor urut 2, Yusuf Kohar-Tulus Purnomo.

"Eva-Deddy unggul dengan mengumpulkan suara sebanyak 249.241," kata Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedi Triyadi, di Bandarlampung, Selasa.

Pada rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota tersebut, pasangan nomor urut 1, Rycko Menoza-Johan Sulaiman mendapatkan suara 92.428.

Kemudian, pasangan calon nomor urut 2, Yusuf Kohar- Tulus Purnomo meraih suara masyarakat Bandarlampung sebanyak 93.280.

"Alhamdulillah rapat penghitungan suara telah selesai dan berdasarkan jadwal rapat pleno ini menggunakan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) yang sudah 100 persen," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk tahapan selanjutnya, pihaknya akan menunggu tiga hari usai penghitungan suara ini terkait apakah ada keberatan dari pasangan calon atas hasil rekapitulasi ini yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Apabila ada keberatan di yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka penetapan calon wali kota dan wakil wali kota menunggu keputusan inkrah dari sana," kata dia.

Dedi juga mengatakan bahwa apabila nanti ada sengketa pilkada di Bawaslu dan hal tersebut terbukti, maka KPU akan menunggu putusan atau rekomendasi dari pengawas pemilu.

"Kalau di sini, ranahnya Bawaslu, bila ada dan terbukti pelanggarannya, maka kami akan menunggu putusannya seperti apa kemudian akan mengakomodir rekomendasi dari pengawas pemilu tersebut," kata dia lagi.

Pilkada Bandarpampung diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut 1, Rycko Menoza-Johan Sulaiman yang diusung oleh Partai Golkar dan PKS. Kemudian pasangan calon nomor urut 2, Yusuf Kohar-Tulus Purnomo yang didukung oleh Partai Demokrat, PAN, PKB, PPP, dan Perindo, serta pasangan calon nomor urut 3, Eva Dwiana-Deddy Amarullah yang diusung oleh PDIP, NasDem, dan Gerindra.
Baca juga: Paslon Eva-Deddy unggul di Pilkada Bandarlampung versi e-rekap
Baca juga: Warga Bandarlampung salurkan hak pilih dengan terapkan prokes

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020